Senin , 29 Mei 2017
Home / Metode Pembelajaran / Mengajarkan Kata Keterangan melalui Permainan

Mengajarkan Kata Keterangan melalui Permainan

Edupost.id – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa diharuskan memahami fungsi kata keterangan dan penggunaannya dalam kalimat. Berikut ini metode yang bisa dipakai dalam mengajarkan kata keterangan melalui permainan kelas kata, seperti yang disampaikan dalam buku “Pembelajaran Aktif, Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas” oleh Pat Hollingsworth dan Gina Lewis.

Berikut ini bahan yang perlu dipersiapkan:
1. Batang es krim
2.Pena
3. Kantong kertas
4. Pensil dan kertas untuk setiap siswa
5. Jurnal flow siswa

Persiapan:

1.Siapkan batang es krim
2.Tuliskan pada tiap batang tersebut masing-masing dari kedelapan kelas kata (kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata ganti, kata depan, kata sambung, dan kata seru). Tuliskan satu kelas kata pada setiap batang, begitu seterusnya sampai batang es krim anda habis. Taruh semua batang es krim itu dalam kantong kertas.

Membuat siswa tertarik dg topik:

1. Jelaskan ide dasar dari kegiatan ini dan tujuan yang akan dicapai siswa, kemudian mintalah mereka untuk mengambil satu batang es krim dari dalam kantong kertas:

“Hari ini kita akan mempraktikkan kelas kata yang sudah kita pelajari. Kalian akan mengambil satu batang es krim dari dalam kantong ini satu kali. Kalian akan menjadi kelas kata yang tertulid pada batang es krim yang kalian ambil”.

2.Minta siswa untuk bergabung dengan siswa lain yang mengambil batang es krim dengan tulisan kelas kata yang sama. Bersama-sama, mereka akan memikirkan dan menuliskan contoh-contoh kata dari kelas kata tersebut sebanyak mungkin.

Cara bermainnya:

1. Jelaskan bahwa siswa akan membuat kaliat dengan memposisikan badannya. Mulailah dengan meminta siswa yang menjadi kata benda untuk maju ke depan, kemudian dilajutkan dengan kelas kata yang lain:
“Kata benda apa kamu? Anjing. Baiklah, sekarang saya membutuhkan kata kerja untuk maju ke depab. Kata kerja apa kamu? Berlari. Apa kata keterangan yang menjelaskan kata kerja ini? Dengan cepat. Sekarang kita memiliki kalimat esederhaa. Anjing berlari dengan cepat. Mari kita lanjutkan untuk mengembangkan kalimat kita,”.

2. Pastikan bahwa anda meneruskan permainan ini sampai setiap siswa mendapatkan giliran untuk maju ke depan, paling tidak satu kali. Buatlah jenis-jenis kalimat yang bervariasi sebanyak mungkin. Gunakan kegiatan ini untuk diskusi dan juga memberi pertanyaan siswa.

Misalnya:
“Ingatlah bahwa kata sifat itu menerangkan kata benda atau kata ganti. Apa yang diterangkan oleh kata keterangan?”.

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *