Jumat , 31 Maret 2017
Home / Metode Pembelajaran / Mengajarkan Perkalian dengan Permainan “Wadah dan Isi”
Belajar-perkalian-dengan-permainan
Mengajarkan perkalian dengan permainan Wadah dan Isi (foto: telegraph)

Mengajarkan Perkalian dengan Permainan “Wadah dan Isi”

Edupost.id – Mengajarkan Matematika tentang konsep perkalian ke siswa sekolah dasar membutuhkan cara khusus agar mudah dipahami. Muh. Ulil Amri dalam buku “Ruang Belajar” telah mengajarkan perkalian dengan cara yang menyenangkan melalui permainan “Wadah dan Isi”. Berikut ini cara permainannya.

Pertama, guru terlebih dahulu menjelaskan materi penjumlahan berulang. Kemudian, ia membimbing siswa menarik kesimpulan bahwa perkalian merupakan penjumlahan berulang. Setelah itu guru menyiapkan tiga kursi dan enam orang siswa sebagai relawan untuk maju ke depan kelas. Masing-masing bangku ditempati dua orang siwa.

Ketiga, guru menyebutkan “Ada tiga kursi yang masing-masing diduduki oleh dua orang.” Selanjutnya guru menulis di papan tulis 3×2. Kemudian guru membuka diskusi dengan menanyakan berapa orang yang duduk di tiga kursi tersebut. Jika siswa belum mengerti, guru mengajak siswa berhitung bersama.

Melalui pemanfaatan kecerdasan kinestetik, guru dapat mengajak ssiwa untuk aktif bergerak dengan menanamkan konsep perkalian. Konsep tersebut memanfaatkan kursi sebagai “wadah” dan siswa sebagai “isi” sebagai komponen perkalian sederhana.

Analogi “wadah” dan “isi” bertujuan agar siswa mengingat konsep perkalian dalam jangka panjang. ini karena mereka sering lupa dengan materi yang sudah diajarkan di kelas sebelumnya. pelajaran matematika yang konstruktif dan kontektual perlu diberikan kepada siswa. pembelajaran konsep perkalian yang menggunakan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari membuat siswa lebih mengerti.

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *