Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Metode Pembelajaran / Serunya Belajar Seni dengan Membuat Sayap Kupu-Kupu
Serunya-Belajar-Seni-dengan-Membuat-Sayap-Kupu-Kupu
Ilustrasi: Sayap Kupu-Kupu dari Gantungan Baju dan Stoking. (Foto: gingerlillytea)

Serunya Belajar Seni dengan Membuat Sayap Kupu-Kupu

Edupost.id – Belajar seni dapat memanfaatkan barang-barang tidak terpakai di rumah. Seperti dilansir dari Wikihow, belajar seni di kelas menjadi seru dan menyenangkan dengan membuat sayap kupu-kupu dari stoking dan gantungan baju.

Sebagai pengajar, anda dapat membuat sayap kupu-kupu bersama dengan murid di kelas. Berikut cara membuatnya:

1. Tekan gantungan baju hingga mencapai bentuk yang diinginkan.

Gunakanlah gantungan baju yang berbahan besi namun jangan yang terlalu tebal agar mudah dibentuk. Tekan bagian tengah gantungan ke atas, mengarah ke kaitnya, tetapi jangan terlalu dalam sehingga berbentuk sedikit seperti sosis. Jangan lupa bandingkan kedua sayap agar bentuknya serupa.

2. Masukkan gantungan baju ke dalam stoking

Tariklah stoking agar gantungan terlihat seperti sayap kupu-kupu. Kemudian simpulkan setiap ujung stoking ke gantungan. Setelah gantugan terlihat seperi sayap kupu-kupu, gunting dengan rapih sisa stoking yang ada di ujung simpul. Pangkas dalam posisi yang dekat dengan simpul stoking dan buang bagian yang telah dipangkas ini.

3. Rentangkan sayapnya

Letakkan gantungan di lantai sehingga berbentuk seperti sayak kupu-kupu yang terbuka. Kemudian satukan kedua sayapnya. Gunakan kait gantungan yang telah dilipat sebagai bagian tengahnya dan bungkus kedua kait dengan selotip agar menyatu. Bungkus di bagian tengahnya dengan pita untuk menutupi selotip. Gunakan lem untuk menempelkan ujung pita ke selotip pembungkusnya.

4. Hias sayap kupu-kupu

Warnai sayap kupu-kupu dengan menyelupkannya ke dalam pewarna makanan yang sudah disiapkan dalam sebuah ember. Pada tahap ini, sebagai pendidik, anda wajib memperhatikan tindakan para murid. Lalu taburkan bubuk kelap-kelip ke atas sayap yang sudah dioleskan lem. Kemudian tempelkan bunga dari kertas berwarna/daun/bulu (sesuai keinginan murid) yang sudah disiapkan sebelumnya ke sayap. Tambahkan karet yang biasa digunakan pada pakaian di aats kaitan yang sudah ditutupi pita. Tempelkan karet dengan selotip dan sesuaikan panjang karet sesuai keinginan. (Nisa)

Check Also

Cara Mengajari Perkalian kepada Anak dengan mudah

Cara Mengajarkan Perkalian kepada Anak dengan Mudah

Edupost.id – Perkalian masih menjadi salah satu materi dalam pelajaran Matematika yang sulit dipahami anak-anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *