Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Metode Pembelajaran / Sulit Menangkap Pelajaran, Ini Penyebabnya
Sulit-Menangkap-Pelajaran-Ini-Penyebabnya
Ilustrasi: Siswa Sulit Menangkap Pelajaran. (Foto: theodysseyonline)

Sulit Menangkap Pelajaran, Ini Penyebabnya

Edupost.id – Siswa terkadang kesulitan menangkap pelajaran yang diberikan guru, hal tersebut disebabkan otak reptilnya sedang aktif. Hal ini seperti penjelasan Dr. Paul Maclean dalam buku berjudul “Genius Learning Strategy” yang ditulis Adi W. Gunawan tentang konsep tiga otak dalam satu kepala (otak triune).

Otak manusia terbagi menjadi tiga otak reptil, otak mamalia, dan otak neo cortex. Otak reptil berfungsi sebagai pusat kendali, sistem syaraf otonomi, dan mengatur fungsi tubuh seperti denyut jantung dan pernapasan. Otak reptil aktif bila seseorang merasa takut, stres, terancam, marah, kurang tidur, atau kondisi tubuh dan pikiran lelah. Karena itu, siswa yang sedang mengerjakan ujian dalam keadaan tegang, cenderung pikirannya menjadi kosong karena otak reptilnya sedang aktif.

Berbeda halnya jika otak neo cortex yang aktif. Hal ini terjadi saat siswa dalam keadaan bahagia, tenang, dan rileks, maka otak dapat digunakan untuk berpikir. Bagian atas otak yang menyerupai topi di dalam tempurung ini disebut juga otak berpikir atau thinking cap/neo cortex. Otak neo cortex merupakan 80 persen dati total otak manusia.

Sementara itu bagian otak lainnya, yaitu otak mamalia, berfungsi dalam mengatur kebutuhan akan keluarga, strata sosial, dan rasa memiliki. Otak bagian ini juga memberikan arti pada suatu emosi atau kejadian. Selain itu, otak mamalia berperan dalam mengendalikan sistem kekebalan tubuh, hormon, dan memori jangka panjang.

Usahakan siswa belajar dalam kondisi senang, gembira, dan rileks. Sebagai pengajar, anda wajib memberikan pengajaran saat otak neo cortex aktif. Jika siswa dalam keadaan takut, cemas dan lainnya, maka pelajaran akan sulit untuk diserap otak karena otak reptil yang sedang aktif. (Nisa)

Check Also

Cara Mengajari Perkalian kepada Anak dengan mudah

Cara Mengajarkan Perkalian kepada Anak dengan Mudah

Edupost.id – Perkalian masih menjadi salah satu materi dalam pelajaran Matematika yang sulit dipahami anak-anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *