Selasa , 12 Desember 2017
Home / Metode Pembelajaran / Video Animasi Drawing, Media Edukasi Alternatif untuk Guru
Video Animasi Drawing
Video Animasi Drawing

Video Animasi Drawing, Media Edukasi Alternatif untuk Guru

Edupost.id – Perkembangan animasi drawing (gambar animasi) akhir – akhir ini cukup “meledak”, karena memiliki fungsi beragam. Media ini berfungsi untuk hiburan, bisnis, dan yang terpenting untuk pendidikan. Di bidang pendidikan, media ini dapat menjadi sarana penyajian materi kreatif dalam bentuk video.

“Pembuatannya sangat mudah, tidak sampai satu jam bisa selesai. Dan hasilnya bisa langsung diupload di Youtube,” ungkap Elyas, guru SMKN 4 Yogyakarta, sekaligus penulis buku “VideoScribe, Mudahnya Membuat Animasi Drawing”.

Harapannya, para guru sesuai mata pelajaran yang diampunya busa membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi ini. Video hasil karya guru juga harus diupload di Youtube untuk memperkaya konten video edukatif di Youtube.

“Nanti semua guru mata pelajaran, disesuaikan dengan mapelnya bikin video bersama – sama dengan siswanya kemudian upload di youtube,” ungkap Elyas kepada Edupost.id.

Elyas yang juga salah satu Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) ini menambahkan, dalam buku yang ia susun, ia menggunakan aplikasi VideoScribe karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Aplikasi ini sebenarnya berbayar, tapi guru dapat menggunakan aplikasi versi trial tak berbayar.

Untuk menggunakan aplikasi trial, pengguna tinggal mendaftar gratis. Setelah masa berlakunya habis, pengguna dapat kembali mendaftar dengan versi trial. Di dalam bukunya, ujar Elyas, dijelaskan langkah demi langkah secara terperinci.

Tidak hanya dapat diupload di Youtube, video juga dapat ditampilkan dengan power point. Jadi video animasi ini akan lebih mudah dipadukan ketika guru menyajikan materi preaentasi di kelas.

Terkait hal ini, IGI juga tengah membuat gerakan agar seluruh guru di Indonesia mampu membuat video animasi sendiri. Nantinya, video ini juga dapat menjadi referensi bagi selurh siswa yang membutuhkan. (Andi)

Check Also

Cara Mengajari Perkalian kepada Anak dengan mudah

Cara Mengajarkan Perkalian kepada Anak dengan Mudah

Edupost.id – Perkalian masih menjadi salah satu materi dalam pelajaran Matematika yang sulit dipahami anak-anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *