Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Opini Akademia / Menelisik Urgensi Akreditasi PTS di Daerah
Menelisik-Urgensi-Akreditasi-PTS-di-Daerah
Ilustrasi: Wisuda (Foto: collegecandy)

Menelisik Urgensi Akreditasi PTS di Daerah

Belakangan ini mulai muncul kecenderungan para alumni dan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mendatangi lagi lembaga almamaternya. Hal ini untuk mendapatkan informasi akreditasi. Beberapa perusahaan menjadikan peringkat akreditasi sebagai salah indikator melihat kualitas pelamar.

Mencermati  perkembangan  masyarakat  dan pengguna lulusan perguruan tinggi yang semakin kritis  dan  cerdas,  status  Akreditasi  Perguruan  Tinggi (APT)  sangatlah  penting dan tidak boleh diabaikan oleh siapapun, apalagi Perguruan Tinggi Swasta yang ada di daerah.

Argumentasi  yang  bisa  dikemukakan  di  sini adalah status  Akreditasi  Perguruan  Tinggi (APT)  merupakan  pertanggungjawaban atau  akuntabilitas  publik  tentang  kepastian terpenuhinya  atau  bahkan  terlampauinya standar  yang  ditetapkan  Undang-Undang (UU). Di wilayah Kopertis Wilayah IX Sulawesi, dari 33 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki fakultas atau program studi ilmu hukum, masih berbeda-beda peringkat akreditasinya.

Perguruan Tinggi Swasta  (PTS) yang ada diwilayah Ajattapareng dan Sul-Bar misalnya, baru dua Perguruan Tinggi Swasta (PTS),  khusus untuk program studi ilmu hukum yang memiliki peringkat akreditasi B, salah satunya adalah  STIH Cokroaminoto Pinrang, Jl. Teuku Umar No. 36 Pinrang.

Urgensi  Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang ada di daerah tetap menjadi nilai dan hal yang sangat penting serta menjadi  legitimasi  yang sangat dominan bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di daerah. Dengan  kata  lain,  secara  kelembagaan, status  Akreditasi  Perguruan  Tinggi (APT)  melekat  dan  menjadi  ‘’wajah’’  yang bisa ditatap secara terang oleh siapapun. (Abdul Rahman/Ketua I Bidang Akademik STIH Cokroaminoto Pinrang)

Check Also

Rektor-WNA-Diragukan-Kemampuannya-Pimpin-PTN

Rektor WNA Diragukan Kemampuannya Pimpin PTN

Edupost.id, Bogor – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) berencana merekrut Warga Negara Asing …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *