Senin , 29 Mei 2017
Home / Parenting / 6 Cara Cerdas Mendidik Anak agar Disiplin

6 Cara Cerdas Mendidik Anak agar Disiplin

Edupost.id – Para orang tua harus belajar mendisiplinkan anak mereka dengan cara yang benar, tidak peduli betapa sulitnya. Jika anda ingin tahu bagaimana cara cerdas untuk mendisiplinkan anak dengan tetap menjaga ikatan yang kuat dengan anak, cukup ikuti tips ini seperti yang dilansir webmd.

  1. Beri penghargaan ketika anak berperilaku baik

Ketika anak melanggar suatu hal, kita selalu memberikan mereka hukuman, dan cenderung untuk mengabaikan saat anak melakukan suatu hal yang positif. Padahal menurut Mason Turner, MD, kepala psikiatri di Kaiser Permanente San Francisco Medical Center, hal positif akan lebih membangun. Ini bukan berarti memberikan coklat setiap ia melakukan perbuatan baik. Bisa juga dengan kata-kata seperti ketika anak membersihkan kamar mereka, responlah dengan perkataan “Ibu senang sekali. . .” dan sebagainya.

  1. Membuat aturan yang jelas

Jika aturan tidak jelas, atau hanya dibahas ketika seseorang telah melakukan kesalahan tentu saja itu tidak akan efektif untuk membuat anak anda disiplin. Perjelaslah aturan yang ada di rumah, diskusikanlah dengan anak anda.

  1. Menetralkan argumen

Bagaimana cara anda berhadapan dengan anak yang ingin berdebat agar mau menurut? Hindari argumen yang tidak menguntungkan. Jika anak anda mengatakan, “Semua teman-temanku memiliki ini,” berkatalah, “Aku tahu.” Sedikit kata-kata akan lebih memperjelas maksud.

  1. Orangtua perlu waktu untuk menenangkan diri

Orang tua harus tetap tenang dalam menangani situasi.  Ketika emosi anda membaik, ungkapkan empati terlebih dahulu, kemudian berikan konsekuensinya. Anda tidak perlu marah pada anak-anak, Anda tidak perlu berteriak. Karena hal itu hanya akan menambah masalah.

  1. Konsisten dengan aturan yang dibuat

Kadang-kadang berpegang teguh pada aturan adalah tantangan bagi orang tua, ada perasaan ingin menyerah karena muncul perasaan khawatir dengan kebahagiaan anak-anak anda. Perlu diingat bahwa anak-anak mendapatkan keuntungan dari hal tadi. Tetaplah konsisten jangan membuat anak anda bingung.

  1. Menjadi contoh yang baik

Suka atau tidak, anak-anak akan mengikuti anda. Walaupun banyak kata-kata yang anda berikan kepada mereka, tetapi perilaku pribadi anda akan lebih membuat kesan mendalam pada ingatan mereka. Cara pertama manusia belajar adalah dengan meniru lalu mencontoh. Jika anda ingin anak anda berlaku jujur maka andapun harus berlaku jujur. Faktanya adalah, membesarkan anak-anak untuk disiplin tidaklah mudah. (IK/SS)

 

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *