Jumat , 21 Juli 2017
Home / Parenting / 7 Permainan Untuk Asah Kemampuan Matematika Anak
Permainan Monopoli Junior. ilustrasi : hotukdeal

7 Permainan Untuk Asah Kemampuan Matematika Anak

Edupost.ID – Memiliki anak yang pintar dalam segala bidang memang membanggakan. Banyak cara yang dilakukan untuk mengasah kemampuan anak khususnya dalam bidang matematika. Seperli yang dilansir Toys About ada 7 permainan yang mampu meningkatkan kemampuan matematika anak.

  1. Shelby Snack Shack

Permainan ini diperuntukkan untuk anak-anak prasekolah sekitar usia 3-6 tahun. Tujuan dari permainan ini yaitu untuk mengenali angka dasar. Bentuk permainan ini yaitu berupa pemintal, pinset, tulang anjing plastik dan mangkuk anjing. Cara bermainnya cukup mudah yaitu anak-anak hanya mengibaskan pemintal, kemudian dengan menggunakkan pinset mereka mengambil tulang anjing plastik sesuai dengan jumlah yang diinginkan dan disimpan ke dalam mangkuk anjing.

  1. Count Tiggly

Cara bermain Count Tiggly yaitu dengan menggabungkan on-hand dengan magnet dan ditempatkan di atas sebuah iPad yang menggunakkan aplikasi khusus untuk pendidikan. Aplikasi ini dirancang agar anak dapat menghitung dengan mudah.

  1. Zingo 1-2-3

Permainan ini terbagi menjadi empat bagian yaitu  menghitung waktu, mengenal huruf, mengenal kata dan mengenal angka. Dalam Zingo 1-2-3, pemain menerima kartu bergambar. Pada gilirannya, mereka mencocokkan ubin bernomor yang dilepaskan dari Zinger, ke papan permainan untuk mencocokkan gambar dan angka.

  1. Zombie Run

Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak mengenai penambahan dan pengurangan. Cara bermainnya cukup mudah yaitu dengan melihat kartu dan mengingat jumlah zombie. Kartu yang mereka pegang kemudian ditukar agar jumlah zombie mereka berkurang.

  1. Robin’s Egg

Permainan ini untuk anak-anak usia 7 tahu ke atas untuk mengenalkan mereka tentang penambahan dan pengurangan. Cara mainnya cukup mudah yaitu dengan melemparkan dadu, kemudian kartu tertentu digunakkan untuk membantu mereka dalam  memilih telur yang hitungannya dekat dengan nomer dadu.

  1. Cash Registewr at Lakeshore Learning

Salah satu cara paling praktis untuk belajar cara menghitung uang yaitu dengan mesin kasir. Anak-anak akan dengan mudah membedakan uang logam dan kertas. Selain itu mereka juga akan mudah untuk membedakan mana yang kredit dan debit.

  1. Monopoli Jr

Permainan ini menjadi salah satu yang digemari anak-anak terutama untuk edisi film animasi keluaran Disney, Frozen dan Shophia The First. Permainan ini Membantu mengajar anak-anak prinsip-prinsip dasar berhitung. Tentang penanda dengan cara memindahkan pion di sekitar papan. Permainan menghitung hanya dengan uang senilai $ 1 – $ 5 akan memudahkan anak dalam menghitung properti yang mereka miliki. (Nisa)

 

Check Also

Pertemun ke-6 South East Asia Network for Animal Science (SEANAS) pada 20-22 Juli 2017, Hanoi, Vietnam

Fapet UGM Tingkatkan Kurikulum Menjadi Level Dunia

Hanoi (21/7) – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah berupaya untuk meningkatkan kurikulum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *