Selasa , 11 Desember 2018
Home / Parenting / Anak-anak Suka Rewel Pilih Makanan, Ini Kata Peneliti
Empat-Masalah-dan-Solusi-Anak-di-Meja-Makan
Ilustrasi : Anak Tidak Mau Makan.

Anak-anak Suka Rewel Pilih Makanan, Ini Kata Peneliti

Edupost.id – Peneliti dari University of Illinois di Amerika Serikat melakukan penelitian untuk memeriksa apakah genetika dapat mempengaruhi kecenderungan anak yang sering rewel dalam memilih makanan mereka. Studi tersebut menyimpulkan, susunan genetik mereka dapat berperan mempengaruhi hal ini.

Laman Independent melaporkan, dengan menilai atribut fisik dari 153 anak prasekolah dan membandingkannya dengan survei yang dijawab oleh orang tua anak-anak tentang asuhan mereka, mereka dapat menilai apakah hubungan antara alam dan pengasuhan dapat dipalsukan.

“Pilih-pilih makan umum terjadi pada anak-anak prasekolah dan dikaitkan dengan risiko kekurangan gizi dan kelebihan berat badan. Gen yang terkait dengan persepsi chemosensori mungkin berperan dalam perilaku anak-anak,” kata para peneliti.

Sementara Dr.Sarah Schenker, ahli diet dan ahli gizi menyebut ada beberapa alasan lain mengapa seorang anak mungkin sulit saat makan. Menurutnya, anak yang rewel saat makan hanya ingin bisa menyatakan diri di depan orangtua.

“Biasanya, anak-anak menjadi rewel dengan makanan sebagai cara untuk mengambil kembali sedikit kendali dan mengerahkan diri dan kehendak mereka melawan orang tua yang mengendalikan segalanya,” kata Schenker.

Menurutnya, kebanyakan anak tumbuh dari tahap makan rewel dan tidak ada konsekuensinya terhadap kesehatan. Dampak buruknya terjadi di masa depan, di mana diet tidak seimbang dan kekurangan gizi.

Menurut Rumah Sakit Anak-Anak Benioff UCSF di San Francisco, beberapa anak menirukan cara orang tua mereka makan. Oleh karena itu, jika Anda tidak pernah tumbuh dari kebiasaan makan Anda, kemungkinan Anda bisa meneruskannya ke keturunan Anda secara bergantian.

Untuk itu, orangtua disarankan menggunakan berbagai warna makanan dan tekstur yang cerah sebagai cara untuk menarik minat anak-anak kecil dalam makanan yang mereka makan. Anak-anak yang makan siang bersama di sekolah, membelikan mereka kotak makan siang yang menyenangkan juga merupakan cara yang bagus untuk membuat waktu makan mereka lebih seru.

Sementara genetika bisa membuat anak merasa lebih cenderung untuk mencoba makanan baru, ada banyak trik perdagangan yang bisa digunakan orang dewasa untuk memperbaiki cara anak-anak mereka makan dan mendorong diet yang lebih seimbang. (Andi)

Check Also

menumbuhkan minat baca pada anak

Ingin Anak Anda Hobi Membaca? Ikuti Langkah Ini

Edupost.id –  Semua orangtua tentu menginginkan hal terbaik untuk masa depan buah hatinya. Memiliki kebiasaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=