Rabu , 18 Januari 2017
Home / Parenting / Anak Anda Stres? Ini 6 Tanda Mengenalinya

Anak Anda Stres? Ini 6 Tanda Mengenalinya

Edupost.ID – Apakah anda kadang merasa cemas, khawatir dengan keadaan anak anda. Apakah ia benar-benar dalam kondisi baik-baik saja? Berikut ini adalah enam tanda untuk mengenali apakah anak anda sedang dalam masalah atau sedang stres, seperti dilansir scholastic.

  1. Mengurangi percakapan

Jika anak anda terlihat cemberut atau sering mengasingkan diri di kamar lebih dari biasanya, ia mungkin sedang dalam masalah. Bisa jadi dia memiliki permasalahan saat berada di sekolah, atau hubungan dengan temannya. Biarkan dia tahu bahwa anda berada di sana untuknya. Ciptakan peluang baginya untuk berbicara, beri ia kesempatan untuk menumpahkan perasaannya.

  1. Sering mimpi buruk

Hal ini merupakan respon umum atas pengalaman buruk, stres atau trauma yang dialami. Ceritakan padanya sesuatu yang dapat membantu mereka merasa lebih baik.

  1. Sulit berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas sekolah

Tekanan akademik dan sosial, terutama saat harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru bisa menjadi penyebab utama stres pada anak-anak. Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi solusi yang berguna.

  1. Peningkatan emosi

Beberapa anak ketika sedang stres akan bereaksi dengan agresif secara fisik (menggigit, menendang, atau memukul) atau agresif verbal (menjerit atau berteriak). Mereka juga cenderung memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan kesabaran. Jika berbicara dengan anak anda tidak membantu (misalnya mencoba untuk memancing dengan memulai percakapan), cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter atau terapis.

  1. Menarik diri dari keluarga dan teman-teman

Perceraian, memiliki saudara baru, atau merasa terintimidasi di sekolah dapat menyebabkan seorang anak merasa ditinggalkan atau merasa ketakutan. Berikan padanya perhatian positif dan suasana yang nyaman. Bicaralah dengan guru anak anda di sekolah, bila ia mengalami kesulitan dengan teman-temannya. Seorang guru biasanya memiliki beberapa saran yang mungkin dapat membantu.

  1. Makan dan tidur terganggu

Ketika seorang anak berada di bawah tekanan, kegelisahan dan perasaan cemas akan mengganggu kebiasaan tidur mereka. Tampak ada perubahan mendadak dalam kebiasaan makan dan tidurnya, bisa jadi makan berkurang atau malah bertambah.

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *