Rabu , 23 Mei 2018
Home / Parenting / Anak Jadi Baik atau Nakal tergantung Orangtuanya, Benarkah?
Cara Orangtua Hadapi Anak yang Iri dengan Temannya
Ilustrasi, Anak-anak sedang bermain (livestrong doc.)

Anak Jadi Baik atau Nakal tergantung Orangtuanya, Benarkah?

Edupost.id – Para ahli meyakini, kepribadian orangtua akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Anak akan berkembang sesuai dengan kepribadian orangtua.

Kevin Shafer, Ph.D, seorang profesor sosiologi di Universitas Brigham Young mengungkapkan bahwa kepribadian orangtua dan gaya pengasuhan yang diberikan pada anak berpengaruh besar terhadap kepribadian anak.

Menurutnya, saat orangtua hidup bahagia, tenang dan bijaksana, anak juga akan memiliki kepribadian yang tenang dan sehat.

“Sebaliknya, ketika orangtua depresi, mudah marah, stres dan bermasalah, ini juga akan membuat anak rentan terhadap depresi dan berbagai masalah di kehidupan sosialnya. Ini juga meningkatkan risiko sakit pada anak,” ungkap Kevin dikutip dari laman Parents.

Pendapat senada diungkapkan Amy Morin, LCSW, seorang psikiater sekaligus dosen di Massachusetts. Menurutnya, anak akan cenderung meniru orangtua mereka.

Anak juga cenderung memiliki kepribadian yang sesuai dengan apa yang dimiliki orangtuanya. Cara orang tua mengasuh anak-anak mereka juga berpengaruh besar terhadap kesehatan anak.

Memberikan gaya gaya pengasuhan yang menyenangkan diyakini akan membuat anak selalu sehat. Nasehati anak saat anak melakukan kesalahan dan berikan pembelaan ketika anak benar.

Check Also

Empat-Masalah-dan-Solusi-Anak-di-Meja-Makan

Anak-anak Suka Rewel Pilih Makanan, Ini Kata Peneliti

Edupost.id – Peneliti dari University of Illinois di Amerika Serikat melakukan penelitian untuk memeriksa apakah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=