Rabu , 18 Januari 2017
Home / Parenting / Anak Kecanduan Gadget, Ini Cara Mengatasinya
Anak kecanduan gadget. ilustrasi dok. livestrong

Anak Kecanduan Gadget, Ini Cara Mengatasinya

Edupost.ID – Saat ini anak-anak cendrung lebih senang bermain gadget dari pada bermain di luar rumah. Bahkan ketika berkumpul bersama keluarga, mereka cenderung lebih banyak menatap layar ketimbang berinteraksi. Tentu saja hal ini akan berdampak kepada kehidupan sosialnya. Ketika kehidupan anak berputar di sekitar layar gadget, ini tiga solusi yang dapat dilakukan orang tua, seperti dilansir greatschool.

  1. Melakukan kegiatan bersama
    Jika anak-anak  anda menyukai video game, bermainlah dengan mereka. Cobalah salah satu dari banyak aplikasi atau game yang mengandung nilai positif dan bisa dimainkan bersama. Dengan menghabiskan waktu bresama, anak akan merasakan suasana yang berbeda saat anda hadir di dekatnya. Menjauhkan mereka dari gadget memnag membutuhkan waktu yang tak sebentar. Setidaknya, jadikan kehadiran anda, bisa sejenak menggantikan posisi gadget dalam diri mereka.
  2. Buatlah momen kebersamaan yang spesial
    Tunjukkan kepada anak anda tentang nilai dari tatap muka, bukan hanya kata-kata saja. Misalnya, ketika ada waktu luang buatlah menjadi hari untuk keluarga .  Jika setiap anggota keluarga (termasuk orang tua) meletakkan gadget mereka dan memilih menghabiskan waktu bersama dan saling berinteraksi antar anggota keluarga.
    Penelitian menunjukkan bahwa membangun keterampilan sosial emosional sangatlah penting. Dalam sebuah studi yang dilakukan di UCLA , anak kelas enam yang menghabiskan lima hari di sebuah kamp outdoor, tanpa akses ke gadget. Hasilnya, suasana seperti itu bisa meningkatkan kemampuan mereka memahami isyarat emosional nonverbal. Anak-anak dalam penelitian tersebut menghabiskan waktu dengan berinteraksi antar sesamanya, tanpa gangguan dari komputer, ponsel, video game atau televisi. Terbukti, setelah itu, mereka memiliki kemampuan memahami perasaan orang lain.
  3. Sepakat untuk ‘No Gadget’ selama 30 menit
    Meskipun teknologi terlihat begitu mempengaruhi perilaku mereka, orang tua jangan menyerah. Anda tetap bisa mengalihkan sejenak dunia gadget mereka. Anda dapat mengajarkan mereka menikmati momen sehari-hari . Misalnya, merencanakan pergi liburan bersama dengan membuat kesepakatan untuk tidak menyentuh gadget selama 30 menit. Walaupun mungkin saat itu mereka selalu menanti menit demi menit untuk bisa menyentuh gadget lagi. Kita bisa memanfaatkan waktu penantian tersebut dengan berkomunikasi bersama. (Iyas)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *