Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Parenting / Anak Masih Mengompol, Ini Cara Mengatasinya
Anak-Masih-Mengompol-Ini-Cara-Mengatasinya
Ilustrasi: Anak Mengompol. (Foto: leladies)

Anak Masih Mengompol, Ini Cara Mengatasinya

Edupost.id – Banyak anak masih mengompol bahkan sampai usia enam tahun. Seperti dilansir Wikihow, ada cara bagi orangtua untuk mengatasi anak yang masih mengompol. Beberapa ahli berpendapat bahwa bahwa mengompol (juga disebut enuresis nokturnal) normal dan wajar.

1. Mandikan anak dengan air garam. Mandikan anak dalam air yang dicampur dengan 500 gram garam sebelum tidur. Mineral dari air garam dapat mengurangi infeksi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mendetoksifikasi tubuh. Langkah ini mungkin berguna jika anak memiliki kecenderungan untuk terkena infeksi kandung kemih. Secara ideal, temperatur air kira-kira harus sama dengan temperatur tubuh, yaitu 37 derajat Celcius.

2. Beri anak teh yang dibuat dengan peterseli. Masukkan peterseli segar atau kering ke air mendidih; biarkan terendam selama lima hingga sepuluh menit, kemudian tiriskan, tambahkan beberapa tetes lemon, dan aduk dengan satu sendok teh madu. Teh peterseli melindungi anak dari infeksi saluran kencing dan memberi kalsium dan magnesium. Akan tetapi, berikan teh ini hanya pada pagi hari, karena dapat meningkatkan kencing dan meningkatkan terjadinya mengompol di malam hari.

3. Coba teh rambut jagung. Biarkan rambut jagung mengering selama beberapa hari, kemudian buatlah teh dengan merendam rambut jagung dengan air mendidih dan diamkan selama sepuluh menit. Teh rambut jagung dapat memperkuat otot kandung kemih dan menyingkirkan racun. Sama seperti teh peterseli, berikan teh rambut jagung hanya pada pagi hari, karena meminumnya pada malam hari dapat meningkatkan kemungkinan mengompol.

4. Buatkan minuman dari gandum atau oat. Didihkan oat dalam satu liter air dingin, kemudian diamkan larutan oat tersebut selama satu jam sebelum ditiriskan dan diminum. Oat kaya akan kalsium dan magnesium dan dapat membantu menenangkan sistem saraf, yang dapat membantu mencegah mengompol karena stres. Sama seperti teh jenis lainnya, berikan teh oat pada anak hanya di pagi hari. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *