Selasa , 24 Januari 2017
Home / Parenting / Anak Tak Harus Selalu Berlaku Manis
Anak-Tak-Harus-Selalu-Berlaku-Manis
Anak Bermain Mengekspresikan Seni, Salah Satu Aturan Heather Shumaker. (Foto: huffingtonpost)

Anak Tak Harus Selalu Berlaku Manis

Edupost.id – Menurut Heather Shumaker, penulis buku “It’s OK Not to Share”, selalu berlaku baik kadang kurang bagus untuk perkembangan si kecil. Anak perlu belajar mengenai the real world sejak kecil, dan itu kadang tidak bisa terjadi jika anak diharuskan terus berlaku manis.

Berikut beberapa aturan ala Heather Shumaker:
1. Boleh saja main pukul-pukulan

Permainan kasar seperti pukul-pukulan dan bergulat bisa menyalurkan energi dan meningkatkan persahabatan. Tapi permainan ini hanya untuk bersenang-senang. Juga hanya bersama teman atau saudara yang memang sedang mood untuk memainkannya.

2. Biarkan ia memukul dan menendang

Anak-anak terutama pra remaja sering mengekspresikan emosi lewat fisik. Jadi jika anak anda marah dan perlu untuk memukul biarkan dia memukul tapi arahkan pukulan ke sofa, bantal atau target aman lainnya. Tindakan pengganti sederhana ini bisa menyalurkan kemarahannya juga menyadarkannya bahwa tidak boleh menyakiti orang lain.

3. Tidak harus katakan “maaf”

Meminta anak mengatakan maaf saat ia berbuat salah sering kali sulit. Mungkin ia malah memilih mengatupkan mulut rapat-rapat dan diam seperti patung. Jadi, lebih baik menyuruhnya mengambil tindakan untuk memperbaiki keadaan. Misalnya segera mengambil lap untuk membersihkan cat yang ditumpahkannya.

4. Ekspresikan senimu

Seni tidak harus dilakukan dengan duduk dia di atas meja dan menggambar di kertas. Mencoret tembok juga termasuk salah satu seni. Ada banyak media lain selain tembok yang bisa anda tawarkan untuk digambar atau dicat seperti kardus dan botol.

Check Also

Kebiasaan Mainkan Ludah Bantu Anak Latihan Bicara

Kebiasaan Mainkan Ludah Bantu Anak Latihan Bicara

Edupost.id – Beberapa anak memiliki kebiasaan memainkan air ludah. Umumnya orangtua menganggap hal itu sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *