Senin , 24 April 2017
Home / Parenting / Cara Deteksi Perilaku Anak Autis bagi Orangtua
Collaborative-Learning-Asah-Kemampuan-Komunikasi-Siswa-di-Kelas
Ilustrasi: Collaborative Learning. (Foto: ctvnews)

Cara Deteksi Perilaku Anak Autis bagi Orangtua

Edupost.id, Bogor – Memiliki anak normal dan sempurna, tentu keinginan semua orangtua. Namun, tidak sedikit orangtua yang awalnya kecewa ketika memiliki anak autis. Mereka menyayangkan kondisi anaknya tidak normal seperti anak pada umumnya. Saat anak masih balita atau pada golden age, orangtua perlu memperhatikan perkembangan dan perilaku anak. Seperti yang dijelaskan Direktur Rumah Autis, Nelwansyah, ada tiga cara mendeteksi anak autis atau tidak.

“Interaksi sosial, perilakunya berbeda, dan kontak mata,” jelasnya kepada Edupost.id saat menghadiri acara Autism Awareness Day 2016 beberapa waktu lalu di Taman Ekspresi Sempur, Bogor.

Nelwansyah mengungkapkan, seorang anak yang biasanya ingin sendiri dan kurang tertarik berinteraksi sosial, maka bisa jadi tanda anak tersebut autis. Interaksi sosial penting bagi anak karena dapat membangun kemampuan komunikasi dengan orang lain terutama teman sebayanya. Anak autis, lebih senang sendirian daripada harus bergaul dengan orang lain.

“Perilakunya berbeda, anak autis biasanya senang bermain dengan bagian mainan tertentu yang tidak biasa. Misalnya saat bermain mobil-mobilan. Anak autis jika lebih senang bermain dengan rodanya, maka ia akan terus memutar-mutar rodanya,” jelasnya.

Ciri terakhir, tambah Nelwansyah, yaitu kontak mata. Anak autis saat diajak berbicara biasanya berbeda dari segi kontak mata. Terkadang kontak matanya tidak fokus dengan lawan bicara. Orangtua perlu memperhatikan saat sedang berbicara dengan anak. Sehingga mereka mampu mendeteksi dini perilaku anaknya apakah autis atau tidak.

“Autisme itu bukan penyakit tapi gangguan perkembangan. Kami harap kalian yang menemui anak autis, tidak takut,” ujarnya.  (Nisa)

Check Also

universitas-airlangga

Seleksi Jalur Mandiri Unair Gunakan Nilai Tes SBMPTN

Edupost.id –  Tahun ini, Universitas Airlangga (Unair) menerapkan kebijakan berbeda dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *