Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Parenting / Cara Mengajarkan Etika Makan pada Anak
etika makan anak
Mengajarkan etika makan pada anak. ilustrasi : gaulfresh

Cara Mengajarkan Etika Makan pada Anak

Edupost.id – Banyak orangtua kehabisan akal melihat anaknya makan sambil menangis di meja makan, atau berlari saat makan di restoran, dan hal buruk lainnya. Karena itu, mengajarkan etika makan kepada anak sejak dini memang perlu dilakukan. Berikut ini cara yang bisa orangtua terapkan seperti yang dijelaskan Psikolog Anna Surti Ariani

Menurut psikolog yang akrab disapa Nina ini, tempat pertama bagi anak untuk belajar tentang table manner atau etika makan adalah di meja makan. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orangtua yang memperbolehkan anaknya makan di depan televisi atau sambil berjalan-jalan agar lebih mudah menghabiskan makanan.

Karena itu, Nina menyarankan agar anak diajarkan etika makan sejak ia bisa duduk dan mandiri. Umumnya di usia 7-8 bulan sudah bisa diajarkan tentang kebiasaan makan di meja makan, duduk di kursi sendiri (atau high chair), dan tidak sambil berjalan-jalan.

Seiring berjalannya waktu, setelah ia bisa makan sendiri, pada usia 2-3 tahun, anak dapat lebih bereksplorasi. Nina mencontohkan agar orangtua mengajarkan anak beberapa hal seperti, menggunakan sendok dan garpu dengan benar, atau jika ingin minta tambah makanan bisa minta bantuan orang lain sambil mengucapkan “Tolong” dan “terima kasih”. Dan jika si kecil bersikeras ingin makan sambil nonton atau berjalan-jalan, anda boleh berkata “Tidak”, hingga ia terbiasa makan di meja makan.

Nina mengingatkan orangtua untuk melakukannya pelan-pelan, kemudian, lakukan berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan yang konsisten. (IK-SS)

Check Also

balita menggunakan smartphone

Lima Cara Ampuh Hindari Anak dari Sifat Kecanduan

Edupost.id- Sifat anak yang implusif dan mudah dipengaruhi bahkan rawan perilaku adiktif atau kecanduan, dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *