Kamis , 14 Desember 2017
Home / Parenting / Cara Orangtua Hadapi Anak yang Iri dengan Temannya
Cara Orangtua Hadapi Anak yang Iri dengan Temannya
Cara Orangtua Hadapi Anak yang Iri dengan Temannya (livestrong doc.)

Cara Orangtua Hadapi Anak yang Iri dengan Temannya

Edupost.id – Kadangkala anak suka iri dengan teman-temannya karena barang yang mereka miliki. Hal itu membuat orangtua repot karena harus memenuhi keinginan anak untuk membelikan barang yang sama. Berikut ini cara yang bisa dipakai orangtua dalam mengahadapi situasi tersebut.

Barbara Coloroso, seorang parenting educator dan penulis Kids Are Worth It, menuturkan bahwa kebiasaan konsumtif pada anak biasanya dipengaruhi karena tekanan sosial.

Menurut Barbara, saat anak tengah mengeluh tentang apa yang temannya punya, maka baiknya orangtua mendengarkan lebih dulu.

“Jangan memotong pembicaraan anak, dengarkan. Cara itu, secara tidak disadari oleh anak telah memberikan rasa nyaman karena orangtua mendengarkan mereka,” ungkap Coloroso seperti dilansir Today’s Parents.

Selanjutnya, orangtua boleh memberikan pengertian dan jujur pada anak mengenai kondisi keluarga serta prioritas yang harus dipenuhi oleh Anda.

“Sampaikan saja bahwa sekarang Anda belum bisa membelikan apa yang mereka inginkan. Bicarakan baik-baik. Jangan marah dan menghakimi anak,” terangnya.

Sebab, keluhan dan rasa iri pada anak-anak bukan persoalan kecil. Jadi, orangtua harus memberikan perhatian ekstra dalam mengatasinya.

“Rasa iri yang tumbuh dari kecil akan terus terbawa hingga anak-anak dewasa. Tentunya, kebiasaan iri akan membuat seseorang menjadi manusia yang tidak baik dan dangkal,” urainya.

Orangtua, tambah Coloraso, harus cerdas menjelaskan pada anak bahwa apa yang keluarga Anda miliki adalah yang terbaik dan harus disyukuri.

“Sebelum tumbuh rasa iri pada anak, orangtua harus sudah lebih dulu mengajarkan rasa bersyukur pada anak-anak,” tuturnya. (IK-SS)

Check Also

anak mandiri

Empat Faktor yang Pengaruhi Kecerdasan Anak

Edupost.id – Di sekitar kita ada banyak orang yang tampaknya dilahirkan dengan kecerdasan luar biasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *