Minggu , 26 Maret 2017
Home / Parenting / Cara Tepat Beri Hukuman kepada Anak
Cara Tepat Beri Hukuman kepada Anak
Ilustrasi. Orangtua dan anak (foto: eyeonpsych)

Cara Tepat Beri Hukuman kepada Anak

Edupost.id – Memberi hukuman kepada anak bisa jadi cara yang tepat untuk mendisiplinkannya. Namun, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan para orangtua. Berikut ini tiga cara tepat memberikan hukuman kepada anak dilansir Parenting Indonesia.

1. Menghargai anak

konsekuensi harus berfokus kepada harga diri anak secara psikologis. Misalnya, konsekuensi itu tidak membuata ank melakukan sesuatu yang mempermalukan dirinya atau bukan kata-kata verbal yang melukai perasaannya.

2. Relevan dengan perilakunya

Jangan memberikan konsekuensi yang tidak relevan dengan pelanggaran. Misalnya, anak terlambat masuk emndapat konsekuensi harus menulis kalimat sampai seratus kali. Releba artinya ada urutan konsekuensi yang secara logis dapat diterima. Dalam kasus anak terlambat masuk sekolah akan membuat anak ketinggalan pelajaran.

3. Bisa memberi pelajaran kepada anak.

Biasanya anak akan belajar dan ada rasa kapok, jika konsekuensi itu memberikan kerugian pada dirinya. Misalnya, gara-gara masuk terlambat, anak mendapat konsekuensi pulang lebih lambat. Menerapkan kesepakatan dan konsekuensi memang berbeda dengan menerapkan hukuman. (Nisa)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *