Jumat , 18 Agustus 2017
Home / Parenting / Empat Cara Agar Anak Terhindar dari Cyberbullying

Empat Cara Agar Anak Terhindar dari Cyberbullying

Edupost.id – Kemajuan teknologi mendorong anak-anak untuk memiliki akun sosialnya sendiri. Disisi lain fenomena cyberbullying sudah marak di dalam kehidupan anak-anak. Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, ada empat cara bagi orangtua agar anak mereka terhindar dari cyberbullying.

  1. Perhatikan informasi publik yang anak miliki di akun sosialnya

Tidak ada cara yang menjamin unggahan anak anda di internet itu aman dari pelaku pembajakan. Beritahukanlah kepada anak anda bahwa seluruh infromasi yang ada di akun sosial yang mereka miliki tidak boleh mengenai informasi pribadi. Salah satu bentuk paling kejam dari cyberbullying Terjadi Ketika menggertak pembajakan akun siswa lain dan berpura-pura sebagai dia kemudian menyalahgunakan akun sosialnya.

  1. Ingatkan bahwa seluruh dunia menggunakkan internet

Internet digunakkan oleh setiap manusia di dunia. Maka yang harus anak anda sadari adalah segala hal yang ada di dalam akun sosial seluruh dunia pasti akan melihat. Beritahukanlah bahwa pengguna internet akan selalu ada dan tidak akan hilang selama teknologi ini ada.

  1. Hati-hati dalam membagikan sesuatu di internet

Banyak anak-anak yang menganggap biasa dalam membagikan sesuatu dengan temannya di akun sosial. Berbagai hal bisa dibagikan di akun sosial milik mereka seperti foto, status dan lain-lain. Ingatkan kepada anak anda untuk bijak dalam menggunakkan internet, lebih berhati-hati dengan apa yang meeka bagikan di internet agar tidak muncul tindakan cyberbullying.

  1. Gunakan perangkat yang mampu mengunci akun sosial mereka

Saat ini banyak perangkat yang mambu memberikan keamanan bagi para pengguna internet khususnya akun sosial pribadi. Sebagai orangtua, carilah informasi tersebut untuk membuat akun sosial pribadi anak anda aman dari pembajakan. Sebuah perangkat gratis dari ReputationDefender.com, disebut PrivacyDefender.net, whos dapat menjadi solusi bagi anda. (Nisa)

Check Also

Media Sosial Facebook dan Twitter Dapat Merusak Karir

Lima Manfaat Positif Berikan Ponsel pada Anak Remaja

Edupost.id- Ketakutan orang tua terhadap kebiasaan anak memiliki ponsel yakni, takut anak melihat konen porno, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *