Rabu , 25 Januari 2017
Home / Parenting / Empat Cara Mencegah Depresi Pada Anak
Empat-Cara-Mencegah-Depresi-Pada-Anak
Ilustrasi: Anak Depresi. (Foto: inspiringwomen)

Empat Cara Mencegah Depresi Pada Anak

Edupost.id – Depresi pada anak sama nyatanya seperti pada remaja dan orang dewasa namun, ada cara untuk mencegah depresi pada anak. Walaupun angka depresi pada anak lebih rendah dibandingkan remaja dan orang dewasa, sangat memungkinkan bagi anak prasekolah untuk menderita depresi dan tidak aneh untuk menemukan gejala depresi pada anak berumur 6 sampai 12.

1. Ketahuilah bahwa anak akan sering berusaha menyembunyikan hal yang menyakiti mereka

Seperti dilansir Wikihow, anak rentan menutupi kemarahan atau kesedihan mereka dengan menampilkan diri yang lebih berani, kuat atau agresif untuk mengatasinya. Ini bisa membuatnya lebih sulit dilihat apakah mereka menderita depresi dan mereka mungkin saja menerima tuduhan lain (seperti “nakal”, “berkelakuan tidak baik”, “sulit”, dll), cara yang membuatnya hal lebih buruk untuk mereka.

2. Dengarkan anak anda

Bisa sangat mudah untuk terjebak dalam kehidupan sehari-hari dan lupa pentingnya mendengarkan anak yang kita pelihara. Mereka jujur, terus terang, dan berbicara apa adanya. Apa yang mereka katakana akan menunjukkan banyak mengenai perasaan mereka jika Anda siap mendengarkan dengan hati-hati dan sering. Hindari mengacuhkan kekhawatiran mereka; lebih baik, bersiaplah berbicara secara terbuka dengan mereka saat mereka menyatakan masalah. Jika waktunya tidak tepat, katakan saja Anda berdua perlu membicarakan masalah tersebut “setelah makan malam”, atau “nanti hari ini” dan pastikan melakukannya seperti yang Anda katakana.

3. Kembangkan rutinitas dan kemudahan prediksi dalam hidup anak

Faktor besar dalam memicu depresi adalah saat rutinitas berantakan dan anak-anak tidak lagi merasa mereka mampu memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Walaupun Anda ditengah perubahan besar, pastikan mempertahankan rutinitas sebanyak mungkin yang berhubungan dengan anak tersebut dan bisa diikutinya dengan mudah. Hal seperti waktu tidur sama, waktu sarapan sama, dan memastikan pekerjaan rumah selesai pada waktu tertentu, merupakan hal yang bisa dipertahankan dalam sebagian besar waktu.

4. Perhatikan semua hal baik yang dilakukan anak

Puji anak Anda atas usahanya dan juga kebijaksanaannya. Kenali saat anak Anda melakukan hal baik dan rayakan pencapaiannya. ni merupakan cara lebih baik dalam membesarkan anak dibandingkan selalu memberitahu anak Anda apa yang “tidak boleh” mereka lakukan. Walaupun batasan jelas harus dibuat saat mendisiplinkan anak, focus pada hal baikj yang dilakukan anak Anda merupakan cara lebih positif untuk meningkatkan rasa kesejahteraan anak Anda.

Check Also

Lima Cara Mudah Menangani Bayi yang Tumbuh Gigi

Lima Cara Mudah Menangani Bayi yang Tumbuh Gigi

Edupost.ID- Bayi yang akan  tumbuh gigi biasanya mengalami nyeri pada gusinya, dan akan selalu rewel. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *