Kamis , 25 Mei 2017
Home / Parenting / Empat Cara Orangtua Bantu Anak Adaptasi di Sekolah Baru
Empat-Cara-Orangtua-Batu-Anak-Adaptasi-di-Sekolah-Baru
Ilustrasi: Orangtua sedang Mengarahkan Anak. (Foto: chicagotribune)

Empat Cara Orangtua Bantu Anak Adaptasi di Sekolah Baru

Edupost.id – Pindah sekolah sering dihadapi banyak keluarga.  Transisi ini dapat menyebabkan kecemasan dan stres untuk kedua orangtua dan anak. Berikut ini empat cara orangtua membantu anak beradaptasi di sekolah yang baru.

1. Pekerjaan rumah (PR)

Sebagai orangtua, perlu untuk memeriksa semua pr yang anak anda dapatkan disekolah. Anda juga dapat berkonsultasi dengan guru atau kepala sekolah mengenai perkembangan anak di kelas. Hal ini akan membantu anda lebih memperhatikan anak dan ia tidak merasa diabaikan.

2. Berkunjung ke sekolah

Sebelum anda menyekolahkan anak di tempat tertentu, ada baiknya anda dan anak berkunjung kesana. Anak dapat secara langsung melihat kondisi sekolah dan suasana belajar disana.  Jika sekolah memiliki website online, anda dapat menunjukkan gambar kepala sekolah dan guru, peta sekolah, foto-foto event sekolah, maskot sekolah, dan lain-lain.

3. Latih ritual sebelum ke sekolah

Selanjutnya, anda dapat mengajarkan dan mebiasakan anak untuk melakukan ritual sebelum ke sekolah. Mulailah dengan rutinitas pagi di rumah yaitu meletakkan pakaian, tas buku, dan makan siang. Selain anak anda yang melakukan ritual, anda juga wajib untuk mengantar anak ke sekolah dan berbincang dengan guru atau kepala sekolah. Anda juga dapat bergi ke acara open house sekolah.

4. Ajarkan anak siap untuk berbagai situasi

Hal ini dapat dilakukan dengan pertanyaan “bagaimana jika”.  Seperti Bagaimana jika saya tersesat? Bagaimana jika saya lupa sesuatu? Bagaimana jika tidak ada yang bermain dengan saya? Bagaimana jika saya sakit? Bantu anak mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Yakinkan mereka bahwa sementara semua hal ini dapat terjadi, mereka berada dalam lingkungan yang aman dengan banyak guru yang ingin membantu mereka. Jika mereka tidak berteman di hari pertama, akan ada banyak hari untuk bertemu banyak teman. (Nisa)

Check Also

Orang tua Perlu Batasi Anak dari Informasi Hoax

Edupost.id- Hingga saat ini informasi hoax mudah tersebar di berbagai media. Sudah bukan hal yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *