Sabtu , 25 November 2017
Home / Parenting / Empat Hal yang Harus Dipenuhi untuk Jadi Ayah yang Baik

Empat Hal yang Harus Dipenuhi untuk Jadi Ayah yang Baik

Edupost.id – Para ayah mungkin berpikir mereka telah menjadi ayah yang baik karena sudah menghabiskan waktu dan energi bekerja keras di luar rumah hanya untuk keluarga yang mereka sayangi. Padahal kenyataannya hal tersebut masih belum cukup. Berikut empat hal yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang ayah yang baik, dikutip dari Oprah.

  1. “Apakah anak saya tahu bahwa dia penting bagiku?”

Jika anda ingin mengetahui bagaimana menjadi seorang ayah yang peduli atau menyayangi anaknya, maka tanyakan pada mereka bagaimana mereka menghabiskan waktu bersama anda? Cara utama yang dapat membantu seorang anak mengerti bahwa ia adalah hal terpenting bagi seorang ayah adalah dengan membuat prioritas waktu bersama diantara prioritas yang anda buat untuk diri anda. Jelaskan pada anak anda bahwa dia adalah bagian terpenting  dalam hidup anda.

  1. “Apakah anak saya tahu bahwa saya mencintainya?”

Mengasuh seorang anak itu berarti menyangkut banyak hal. Tentu saja termasuk memeluk dan mencium anak-anak, bahkan anak-anak perlu pelukan dan ciuman setiap hari dan mengatakan kepada mereka bahwa kita mencintai mereka. Selain itu juga seorang ayah perlu ikut mengurusi kebutuhan sehari-hari mereka, seperti memasak untuk mereka, memandikan mereka, bermain dengan mereka, membacakan cerita untuk mereka.

  1. “Apakah anak saya tahu bahwa apa yang dia lakukan adalah penting bagi saya?”

Seorang anak tentu ingin ayahnya mengetahui tentang apa yang ia suka, hobi yang ia miliki atau apa yang ia lakukan saat berada di sekolah.  Sebagai seorang ayah yang baik, sangat penting untuk membimbing anaknya menentukan pilihan yang tepat dan membantu dia menjalani kehidupan yang tidak hanya berpusat pada dirinya. Namun, anda tidak bisa mengajarkan nilai-nilai tersebut jika anda tidak dekat dengannya (karena anda tidak pernah menghabiskan waktu dengannya). Seorang anak akan lebih mudah diberi penjelasan bila kita dekat dengan mereka. Seperti menunjukkan kepadanya bahwa segala yang dilakukannya adalah penting bagi diri anda. Dan tunjukkan padanya apa yang terpenting bagi anda.

  1. “Apakah anak saya tahu betapa bangganya aku padanya?”

Seorang anak membutuhkan pengakuan dari sang ayah. Dengan pengakuan itu anak-anak akan memasuki dunia mereka dengan penuh keyakinan, bertahan dan berkembang dengan baik. Seorang anak perlu tahu bahwa anda bangga dengannya, bukan karena yang ia lakukan atau tidak lakukan, tetapi karena siapa dia. (Iyes)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *