Jumat , 24 November 2017
Home / Parenting / Empat Masalah dan Solusi Anak di Meja Makan
Empat-Masalah-dan-Solusi-Anak-di-Meja-Makan
Ilustrasi : Anak Tidak Mau Makan. A

Empat Masalah dan Solusi Anak di Meja Makan

Edupost.id – Sejak dini anak perlu diajarkan etika di meja makan agar terhindar dari berbagai macam masalah. Seeprti dilansir Parenting Indonesia, ada empat masalah yang sering terjadi di meja makan serta solusi untuk mengatasinya.

1. Makan sambil jalan-jalan

Mengajarkan anak di meja makan sebagai langkah awal, anda dapat mengajaknya bermain sampai makanan siap dihidangkan. Pilih mainan sederhana seeprti menyusun puzzle, sehingga ketika makanan datang, ia dapat berhenti bermain dan fokus pada makanannya.

Jika anak tetap bersikeras ingin turun dari kurinya dan berjalan-jalan, anda dapat berkata “Kamu duduk dan habiskan makanamu. Kalau sudah selesai makan, kamu boleh main lagi.”

2. Melempar-lempar makanan

Seringkali anak sebenarnya sednag mencari perhatian anda. Usahakan tidak langusng memarahi dan mengancamnya, karena anak cenderung akan mengulangi aksinya. Saat ia ingin melempar makanan, pegang tanganhya dan ajak berbicara, “Ayo, makanannya dimasukkan ke dalam mulut ya.” Dengan diarahkan begitu, biasanya anak akan mematuhi anda.

3. Mengunyah makanan dengnan bersuara

Ajakran anak mengunyah dengnan mulut tertutup. Terapkan kebiasaan ini sejak dini. Jika kebiasaan ini terus berlangusng sampai ia besar, ajaklah ia mendengarkan suara kecapannya. Lalu berkatalah “Tuh berisik kan?”

Jadi buatlah seolah-olah anak memperhatikan perilakunya. Kemudian latihlah ia untuk makan tanpa mengeluarkan suara. Jika dilakukan dengan berulang, ia pasti dapat menghilangkan kebiasaan buruknya.

4. Berteriak atau menangis histeris

Pertama, abaikan anak sampai ia tenang dengnan sendirinya. Namun, jika terjadi di tempat umum, buatlah anak merasa nyaman. Agar tidak mengganggu pengunjung lain, ajak ia keluar dari restoran. Berilahpengertian bahwa kalian semua sedang lapar dang ingin makan. Setelah tenag, ajak ia masuk kembali ke restoran.

Jika anak memiliki kecenderungan seperti itu, usahakan memilih restoran yang nyaman dengan penyajian makanan yang cepat. Terlalu lama menunggu, dapat membuat anak rewel karena bosan atau lelah. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *