Jumat , 24 Maret 2017
Home / Parenting / Empat Tipe Eksplorasi pada Anak
anak mandiri
Melatih anak mandiri

Empat Tipe Eksplorasi pada Anak

Edupost.id – Sejak bayi , anak sudah mulai bereksplorasi atau mengembangkan pola pikir untuk menemukan hal baru dan lebih menarik. Kebiasaan yang biasa dilakukan ialah mengingat dan belajar melalui benda disekitar yang dapat di lihat, pegang, dan dirasakan. Dengan kebebasan anak berekplorasi, dapat membantunya lebih sigap berekspolasi dan mencari tau hal baru seperti di lansir  Bps.Parents

  1. Memanfaatkan benda sekitar

Belajar sesuai imajinasi dan pola pikir anak,  misalkan pada saat memainkan bola plastik yang dilempar ataupun ditendang. Atau bermain piring plastik yang di imajinasikan sebagai piringan UFO.

  1. Membuat hal baru atau mencoba

Mengamati sekaligus mencoba, sering dilakukan untuk sekedar menghilangkan perasaan ragu yang dimilikinya. Sering melakukan percobaan dan menglami kegagalan, justru membuat anak semakin peduli dan penasaran untuk mencoba berulang-ulang.

  1. Mempelajari hal dengan cara mengamati

Melihat lingkungan sekitar, terkadang membuat anak semakin ingin tau dan mengamatinya lebih dari sekali. Misalkan saat bermain ditaman dan melihat jaring laba-laba, anak akan berusaha mencari tau bentuk dan cara laba-laba menjahit jaringnya.

  1. Mempelajari hal secara langsung atau melalui benda nyata.

Lebih banyak menggunakan mainan sesuai fungsi aslinya, seperti saat memainkan miniatur mobil, atau alat transportasi yang dapat di naiki dan digunakan seperti benda aslinya. (Inan)

Check Also

Sepuluh Kiat Mudah Orangtua Mengenal Anak Hiperaktif

Mendidik Anak dengan Kasar Menumbuhkan Rasa Takut

Edupost.ID- Mendidik anak dengan cara kasar, menyebabkan timbulnya rasa canggung dan cenderung penakut.  Membiasakan anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *