Minggu , 26 Maret 2017
Home / Parenting / Ibu Masa Kini Perlu Meniru Gaya Mendidik 60-an
Memiliki anak remaja
Memiliki anak remaja

Ibu Masa Kini Perlu Meniru Gaya Mendidik 60-an

Edupost.id, Bogor – Ibu muda yang tergolong generasi 2000-an rentan memiliki anak yang bermasalah bila tidak hati-hati dalam mendidik. Sebab saat ini anak tumbuh dalam lingkungan yang beraneka kondisi. Karena itu, ibu muda masa kini perlu meniru gaya mendidik generasi 60-an. Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SD Polisi 4 Bogor, Yayah Komariah.

Ia menilai bahwa ibu muda generasi 2000-an dengan generasi 60-an berbeda dalam segi mendidik anak. Ibu yang lahir pada generasi 2000-an terlebih yang hamil di luar nikah, kurang menanamkan pendidikan.

Yayah mencontohkan, kebiasaan buruk para ibu yang mengajarkan anaknya melalui lagu yang tidak ada makna positifnya. “Kalau zaman sekarang ibu-ibu bernyanyi dengan lagu yang tidak ada maknanya. Seperti lagu Kucing Garong yang dinyanyikan saat menggendong anaknya. Jika anak dinyanyikan lagu seperti itu, maka kelak anaknya akan tumbuh seperti Kucing Garong,” jelasnya kepada Edupost.id.

Contoh lainnya yang diungkapkan Yayah yaitu mengenai sikap saat anak hendak mengikuti ujian di sekolah. Jika ibu memberikan tekanan kepada anak untuk mendapatkan nilai sempurna, anak justru mendapatkan sebaliknya. Tekanan yang diberikan mampu mempengaruhi mental dan juga fisik anak.

“Misalnya saat anak baru pulang ibu memberikan wanti-wanti ‘Awas kamu ya kalau ujian tidak dapat nilai bagus, nanti uang jajannya dipotong’. Kalau ibu ngomongnya seperti itu, sama saja memberikan anak pressure,” tegasnya.

Menurut Yayah, seharusnya ibu muda dapat mencontoh cara mendidik ibu yang lahir pada generasi 60-an. Mereka mendidik dengan menyelipkan nilai moral dalam kebiasaan sehari-hari. Seperti menggunakan bahasa verbal dan non verbal yang baik. Sehingga ke depannya anak tidak mudah terjerumus pada hal negatif seperti narkoba dan seks bebas. (Nisa)

 

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *