Selasa , 21 November 2017
Home / Parenting / Ingin Anak Anda Hobi Membaca? Ikuti Langkah Ini
menumbuhkan minat baca pada anak
Menumbuhkan minat baca pada anak (undestood doc.)

Ingin Anak Anda Hobi Membaca? Ikuti Langkah Ini

Edupost.id –  Semua orangtua tentu menginginkan hal terbaik untuk masa depan buah hatinya. Memiliki kebiasaan membaca buku sejak dini tentu akan bermanfaat bagi anak hingga mereka dewasa nanti. Berikut ini cara menumbuhkan minat baca anak seperti yang Edupost rangkum dari wikihow.

1.Bacakan buku untuk anak secara rutin

Seperti kata pepatah, “alah bisa karena biasa”. Untuk menarik minat baca anak, Anda harus membacakan buku untuknya secara rutin. Jika memungkinkan, mulailah saat anak Anda masih bayi, dan lanjutkan hingga mereka masuk sekolah. Bacakan buku sesuai tingkat kemampuan mereka jika mereka sudah bisa membaca namun jika anak Anda masih kecil, Anda mungkin perlu membacakan 3-4 buku kecil sehari.

Buku yang melibatkan indra selain pendengaran akan membantu anak memahami cerita yang Anda bacakan. Contohnya, bacakan sebanyak mungkin buku bergambar, bertekstur, bersuara, atau beraroma.

Saat anak Anda menginjak usia SD, cobalah membacakan buku yang isinya di atas tingkat kemampuan mereka, namun memiliki cerita yang menarik minat atau perhatian mereka.

Baca juga : Cara Mengajarkan Anak Membaca dengan Cepat

2. Ajukan pertanyaan interaktif

Meski anak Anda belum bisa membaca, mereka bisa mempelajari pemahaman akan bacaan. Saat Anda menceritakan sesuatu kepada mereka, tanyakan soal karakter atau soal cerita. Untuk anak kecil, pertanyaannya bisa jadi seperti “Ada hewan apa aja di sana? Mereka lagi apa ya?”. Anda bisa menaikkan kesulitan pertanyaan setelah tingkat kemampuan membaca anak meningkat.

Bila anak Anda sudah berumur empat atau lima tahun, ajari anak kemampuan berpikir kritis dengan cara memberi pertanyaan terbuka tentang cerita tersebut. 

3. Taruh buku di tempat yang mudah dijangkau anak

Untuk apa memiliki banyak buku, namun anak Anda tidak bisa menjangkaunya? Simpanlah buku di tempat yang tidak terlalu tinggi dan di tempat bermain, agar anak mengasosiasikan kegiatan membaca sebagai kegiatan bermain.

Karena anak akan sering menyentuh dan membaca buku, pilihlah buku yang bisa dibersihkan dan tidak memiliki nilai kenangan tertentu. 

Siapkan ruang baca di sebelah rak buku. Siapkan bantal besar dan kursi yang nyaman untuk duduk selama membaca. Bagian atas rak buku dapat dimanfaatkan untuk meletakkan cangkir minuman dan camilan untuk dinikmati selama membaca.

4. Beri contoh

Habiskan waktu setidaknya sepuluh menit dalam sehari untuk membaca saat anak berada di dekat Anda. Dengan demikian, mereka akan melihat bahwa Anda sendiri juga menikmati proses membaca. Meskipun Anda tidak suka membaca, temukanlah bahan bacaan yang menarik, misalnya koran, majalah, atau buku resep. Anak Anda akan segera tertarik untuk belajar membaca karena sering melihat Anda melakukannya. Ajak anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan membaca Anda. Jika Anda membaca sesuatu yang ramah anak, beri tahu mereka apa yang Anda baca. 

5. Permudah akses ke perpustakaan

Biasakan anak berkunjung ke perpustakaan. Ada dua cara untuk melakukannya, yakni dengan membuat perpustakaan kecil di rumah dan mengumpulkan buku yang sesuai tingkat kemampuan membaca anak, atau berkunjung setiap minggu ke perpustakaan terdekat untuk mencari buku. Memiliki lebih banyak buku akan menambah minat baca anak akan memperkaya kosakata mereka, terutama jika anak sudah lebih besar.

Dengan demikian, jangan menolak permintaan anak untuk membacakan ulang buku kesukaannya hanya karena Anda telah membacakannya puluhan kali.

Check Also

anak mandiri

Empat Faktor yang Pengaruhi Kecerdasan Anak

Edupost.id – Di sekitar kita ada banyak orang yang tampaknya dilahirkan dengan kecerdasan luar biasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *