Sabtu , 23 September 2017
Home / Parenting / Ini Cara Jitu Agar Anak Mau Makan Sayur

Ini Cara Jitu Agar Anak Mau Makan Sayur

Edupost.ID – Membiasakan anak makan sayuran sejak dini penting dilakukan agar mereka memiliki pola hidup yang sehat. Namun, banyak anak yang menolak makan sayur dan memilih menghindarinya. Karena itu, sebaiknya orang tua melakukan cara jitu berikut ini agar anak mau makan sayur, seperti dilansir Independent.

  1. Biasakan sejak balita

Beberapa anak akan menolak makan sayur jika sejak balita tidak dibiasakan makan sayur. Ada banyak cara untuk mendorong anak agar mau mencoba berbagai macam sayuran agar mereka memperoleh rasa yang baru di ingatan mereka. “Menawarkan sayuran agar anak mau mencicipi sesuatu yang baru memang butuh pengulangan,” ujar Edward Abramson, Profesor Emeritus di California State University. Mulailah perkenalkan sayuran dengan ukuran yang kecil dan tawarkan hadiah jika anak mau mencicipinya. Seperti permainan Tiny Taste yang bisa dilakukan oleh orangtua di rumah.

Ada sebuah kondisi dimana anak memiliki ketakutan untuk mencoba makanan baru atau Food neophobia. Kondisi ini bisa saja diwariskan secara turun temurun dan bisa secara alami muncul pada diri anak. Manusia dilahirkan untuk lebih memilih rasa manis sebagai asupan utama dalam meningkatkan energi. Namun, kadar gula yang berlebihan tanpa adanya olahraga akan membuat anak mengalami obesitas, begitupula dengan anak-anak.

  1. Beri contoh

Orangtua harus memberikan contoh yang baik agar anak mau belajar sesuatu yang baru. Jika seorang anak tidak melihat orangtuanya antusias menyelipkan sayuran ke dalam menu, maka anak-anak tidak akan tertarik untuk makan sayuran tersebut. Ucapan “Anak-anak tidak suka sayuran” dari seorang ayah akan membuat anak berpikir bahwa memakan sayuran itu tidak penting.

  1. Campur dengan makanan lain

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah menyelipkan sayuran ke dalam menu masakan anak. Sayuran bisa diselipkan di dalam keripik kesukaan mereka atau makanan lain yang mereka sukai. Ide lain yang bisa dicoba yaitu dengan memotong sayuran dengan bentuk yang menarik atau memotongnya menjadi bagian kecil dan dicampurkan ke dalam sup atau sereal anak. Mencincang atau menghaluskan sayuran dan mencampurnya dengan sup, keripik atau puding kesukaan anak juga akan membuat mereka sadar bahwa sayuran juga memiliki rasa yang lezat. (Nisa)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Edupost.id – SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dicanangkan menjadi salah satu pilot project sekolah ramah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *