Minggu , 28 Mei 2017
Home / Parenting / Ini Tips Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Remaja
Memiliki anak remaja
Memiliki anak remaja

Ini Tips Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Remaja

Masa remaja menjadi masa yang penuh dinamisasi. Tak jarang para remaja mudah terpengaruh berbuat perilaku negatif yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain seperti tawuran, seks bebas, narkoba, bunuh diri, dll. Karena itu, perhatian dan kasih sayang dari orang tua menjadi hal sangat penting dan perlu ada dalam keluarga.

Berikut ini panduan dari Plannedparenthood, yang bisa dijadikan bekal bagi orang tua dalam menjaga hubungan yang harmonis dengan anaknya yang berusia remaja:

1.   Jalin komunikasi

Orang tua perlu terus menjalin komunikasi dan interaksi dengan anaknya yang berusia remaja. Bisa dengan menelponnya atau sms walau hanya sekedar menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan anaknya saat itu. Orang tua perlu menyediakan waktu untuk mendengarkan cerita dan pengalaman tentang aktivitas anaknya.

2.   Habiskan waktu bersama

Sesibuk apapun aktivitas orang tua, tetap perlu meluangkan waktu sejenak bersama anaknya yang remaja. Lakukan aktivitas bersama meski hanya seminggu sekali atau beberapa menit saja dalam sehari, bisa berenang, main basket, belanja bersama, dll.

3.   Tepati Janji

Jika orang tua berjanji akan suatu hal kepada anaknya, maka berusahalah untuk selalu menepati janji tersebut. Kalaupun orang tua benar-benar tak mampu menepati janjinya karena suatu hal yang tak bisa dihindari maka sampaikan permintaan maaf dan penyesalan orang tua kepada anak.

4.   Jangan perlakukan anak seperti anak kecil

Walaupun anak remaja belum sematang orang dewasa, tapi mereka tetaplah bukan anak kecil lagi sehingga orang tua perlu memperlakukan mereka selayaknya anak yang sudah besar telah beranjak remaja. Mulailah memberi kepercayaan pada mereka, ajak mereka mengambil keputusan bersama melalui diskusi hangat.

5.   Berusahalah lebih peka

Ingatlah hari spesial anak, tidak harus memberi hadiah atau aktivitas spesial. Orang tua cukup berusaha mengingat hari spesial anak dan mengucapkannya ke anak. Mereka akan senang karena merasa diperhatikan dan disayang.

6. Beri apresiasi

Orang tua perlu rajin mengapresiasi anaknya yang remaja atas segala hasil karya yang dibuatnya. Hargai prosesnya walau bagaimanapun hasil yang ada. Jangan merendahkan hasil karyanya apalagi membandingkan kelebihannya dengan kakaknya atau temannya. Terus motivasi mereka untuk terus berkarya.

7.   Katakan pada anak bahwa orang tua mencintainya

Meskipun orang tua pasti mencintai anak-anaknya, namun menjadi hal penting bagi orang tua untuk tetap mengucapkannya dan menyampaikan hal tersebut ke anak bahwa orang tua mereka peduli padanya dan menyayanginya. Katakan itu setiap hari dan jadikan kebiasaan.

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *