Rabu , 24 Mei 2017
Home / Parenting / Inilah 3 Kesalahan Umum Para Ayah Kepada Balitanya

Inilah 3 Kesalahan Umum Para Ayah Kepada Balitanya

Edupost.ID – Menjadi ayah yang baik merupakan sebuah pekerjaan yang sulit. Pekerjaan kantor yang menumpuk, membuat banyak momen spesial anak yang dilewatkan. Seperti yang dilansir dari New Parent, terdapat tiga kesalahan umum ayah kepada anaknya yang masih balita.

  1. Menjadi ayah yang terlalu serius

Terkadang seorang ayah tidak ingin bersikap konyol, sehingga ketika berbicara dengan anaknya terkadang menggunakkan nada yang datar maupun tinggi. Disisi lain, anak-anak lebih menyukai nada yang lembut. Berbicara dengan nada yang cukup tegas pada anak yang masih balita membuat mereka akan merasa ketakutan. Kebanyakan dari para ayah memang tanpa sadar berbicara terlalu tegas kepada anak mereka yang masih balita. Menurut Harvey Karp, penulis buku The Happiest Toddler on The Block, pada usia balita mereka senang untuk menyanyikan berbagai lagu terutama lagu yang gembira dengan nada-nada menghibur.

  1. Menjadi ayah yang terlalu sibuk

Pekerjaan yang menumpuk akan membuat para ayah sibuk baik di kantor maupun di rumah. Kesibukan ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak khususnya pada usia balita. Para ayah akan jarang untuk menghabiskan waktu untuk bermain bersama anaknya.

Sedikitnya waktu yang dihabiskan para ayah dengan anaknya, akan membuat anak mereka tidak terlalu mengenal ayahnya. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh para ayah agar masa emas anak berkembang dengan baik.

  1. Menjadi ayah yang nomer dua

Seringkali para ayah selalu menganggap ibu adalah nomer satu dan mereka nomer dua dalam mendidik anak. Anggapan ini salah besar, karena peran ayah dan ibu sama besarnya dalam mendidik anak mereka khususnya pada usia balita.

Banyak hal mungkin yang dapat dilakukan oleh ibu dengan anaknya, namun banyak hal juga yang bisa dilakukan oleh ayah dengan anaknya. Seperti ketika pulang dari kantor menghabiskan waktu untuk bermain dengan anak, mengobrol dan bersenda gurau, membacakan cerita sebelum tidur dan lain-lain. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *