Selasa , 19 Juni 2018
Home / Parenting / Inilah 4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menenangkan Kemarahan Anak
ilustrasi : Anak sedang bertengkar. sumber : turner

Inilah 4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menenangkan Kemarahan Anak

Edupost.id – Banyak hal bisa memicu kemarahan anak, karena emosi anak memang belum terkontrol. Pada saat anak marah, orangtua harus dapat membuatnya lebih tenang, bukan memarahinya.

Dilansir dari laman Parents, ada 4 hal yang bisa dilakukan orangtua untuk menenangkan anak yang sedang marah tanpa melukai hatinya.

1. Bicara Baik-baik
Yang harus dilakukan orangtua ketika anak marah adalah bicara dengan anak dengan nada yang halus, sabar dan hati-hati. Anak-anak akan lebih tenang ketika orang tuanya berbicara dengan kata-kata yang halus, baik-baik dan penuh perhatian.

2. Dengarkan Keluhan Anak
Orangtua harus mau mendengarkan keluhan anak dengan saksama. Jika sudah mendengar keluhan anak, bicaralah dengannya dengan baik-baik. Nasihati dengan kata-kata yang halus dan mampu menyentuh hatinya juga membuka pemikirannya.

3. Berikan Pelukan Hangat
Pelukan bisa membuat anak lebih tenang. Selagi memberikan pelukan hangat, bisikkan kata-kata yang bisa membuatnya tenang. Tunjukkan padanya bahwa orangtua juga merasakan apa yang sedang dirasakan anak.

4. Sabar dan Tegas
Kesabaran orangtua menghadapi anak harus diimbangi dengan ketegasan. Bersabar kepada anak bukan berarti memanjakan anak. Tegaslah terhadap anak yang berbuat salah, nasihati dan ajaklah ia untuk memperbaiki kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=