Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Parenting / Kebiasaan Mainkan Ludah Bantu Anak Latihan Bicara
Bayi
Bayi

Kebiasaan Mainkan Ludah Bantu Anak Latihan Bicara

Edupost.id – Beberapa anak memiliki kebiasaan memainkan air ludah. Umumnya orangtua menganggap hal itu sebagai kebiasaan yang buruk yang akan berpengaruh hingga besar nanti. Namun, kini orangtua bisa cukup merasa lega karena memainkan air ludah juga memberi manfaat dalam melatih anak lancar berbicara.

Hal ini seperti yang disampaikan Yudi Suharsono, Psikologi dari Universitas Muhamadiyah Malang. Menurut Yudi, kebiasaan memainkan air ludah tidak perlu menjadi masalah karena hampir setiap anak melakukannya dan kebiasaan itu tidak akan dibawa sampai anak tumbuh dewasa. Ketika sudah dewasa pola pikirnya telah berubah, anak akan tahu bahwa memainkan ludah itu tidak baik sehingga tidak akan dilakukan lagi.

Dengan memainkan ludah, lanjut Yudi, anak berusaha mendapatkan kesenangan. Karena itu, ekspresi yang diperlihatkan saat memainkan ludah juga penuh dengan kesenangan. Memainkan ludah juga bagian untuk melatih otot- otot lidah dan otot-otot di sekitar mulut, manfaat lainnya sebagai persiapan anak belajar berbicara, mengunyah dan menelan makanan.

Jika anak memainkan ludah, tambah Yudi, hal itu merupakan saat yang tepat bagi orangtua untuk memberikan stimulasi dengan cara mengajak anak berbicara. Orangtua dapat menyampaikan kata- kata singkat agar anak mudah merekam dan menirukan, misalnya dengan kata- kata “ayah atau ibu”.

Yudi menambahkan, orangtua dapat memberikan tambahan gambar atau benda untuk menstimulusnya berlatih bicara.  Anak akan tertarik untuk mengucapkan kata jika disertai dengan gambar objek yang dikatakan, tingkat kesulitan akan berkurang jika orangtua rajin mengajari dan melarang yang bisa membuatnya terlatih,” jelasnya. (Inan)

Check Also

mother and child

Lima Tanda pada Anak yang Patut Diwaspadai Orangtua

Edupost.id – Sebagai orangtua, Anda harus waspada jika melihat ada tanda-tanda mencurigakan yang terjadi pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *