Selasa , 28 Maret 2017
Home / Parenting / Kesalahan Pola Asuh Anak Picu Kekerasan Seksual
korban kekerasan seksual
Ilustrasi. Korban kekerasan seksual

Kesalahan Pola Asuh Anak Picu Kekerasan Seksual

Edupost.id –Kesalahan dalam pola mengasuh anak menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. Hal ini diungkapkan, Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan.

“Akar penyebab dari tindakan kekerasan yaitu kemiskinan dan relasi kuasa, faktor pendukungnya pernikahan dini, disharmoni dan kesalahan pola pengasuhan anak serta dipicu dengan konsumsi miras dan terpaparnya pornografi,” ungkap Netty.

Ia merasa prihatin melihat generasi penerus bangsa yang tidak berkarakter dan layu sebelum berkembang.

Menurutnya, orangtua seharusnya menjaga, menyayangi dan melindungi anak-anak. Bukan sebaliknya yang melakukan kekerasan dan penelantaran yang menyebabkan kerawanan sosial sekarang ini.

“Tidak dipungkiri juga kemajuan teknologi dapat mempengaruhi pergeseran nilai dan pola pengasuhan terhadap anak,” terangnya.

Netty juga menjelaskan, tiga jenis orangtua dalam mendidik dan mengasuh anak-anak. Jenis pertama yaitu orangtua yang ingin anaknya soleh tetapi tidak dapat memberi teladan, jenis kedua yakni orangtua yang hanya mencarikan tempat yang mampu mencetak prestasi dan membangun akhlak anaknya.

Jenis ketiga, lanjutnya, yaitu orangtua sadar, orangtua yang mengerti bagaimana mendidik dan menyayangi anak mereka untuk membentuk karakter anak yang sholeh. (Pemprov Jabar/ IK-SS)

Check Also

Sepuluh Kiat Mudah Orangtua Mengenal Anak Hiperaktif

Mendidik Anak dengan Kasar Menumbuhkan Rasa Takut

Edupost.ID- Mendidik anak dengan cara kasar, menyebabkan timbulnya rasa canggung dan cenderung penakut.  Membiasakan anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *