Rabu , 25 Januari 2017
Home / Parenting / Khalfan: Orang Tua Perlu Ajarkan Anak Berpikir

Khalfan: Orang Tua Perlu Ajarkan Anak Berpikir

Edupost.ID – Tak jarang kita dengar, orang tua mengatur sepenuhnya aktivitas anak. Tempat bermain, waktu makan, bahkan tempat sekolah pun orang tua yang menentukan. Sangat jarang orang tua yang mengajak anak berpikir untuk menentukan aktivitasnya sendiri. Terkait hal ini, Mohammed A. Khalfan dalam bukunya Simple Child Psychology, menganjurkan orang tua untuk selalu mengajari anak untuk berpikir.

“Ajari anak untuk biasa berpikir. Sekali kemampuan berpikir itu dikuasai, dia akan berbuat lebih banyak lagi daripada sekedar berpikir,” tulis Khalfan dalam bukunya.

Dengan terbiasa berpikir, seorang anak ketika tumbuh dewasa tidak akan ragu dalam membuat keputusan secara adil. Dia tidak akan bergantung pada pandangan orang lain yang mugkin tidak pas dengan dirinya sendiri.

Ditambahkan Khalfan, anak yang terbiasa berpikir akan mampu memilih jalan yang terbaik dengan alasan sendiri, walaupun alasan yang dikemukakan masih lemah.

“Anak yang sudah terlatih, ketika diajak rekan sebayanya jalan- jalan ke suatu tempat dan hal itu ia pikir tidak bermanfaat maka ia akan menjawab ‘Tidak’ atas kemampuan diri sendiri, bukan menjawab ‘Tidak, orang tuaku tak akan mengizinkan’,” tulis Khalfan lagi.

Seorang anak yang tidak terlatih berpikir biasanya akan melibatkan emosinya untuk menutupi kekuranganya. Bila telah dewasa, ia akan cenderung membuat keputusn buruk dengan lebih melibatkan emosinya dari pada logikanya.

Oleh karenanya, Khalfan mengajak para orang tua untuk selalu melibatkan anak, dan melatihnya dalam membuat keputusan atas persoalan sendiri. Biasakan anak untuk berpikir dalam memilih menu bekal makan ke sekolah, atau memilih waktu terbaik untuk belajar dan bermain. (Andi)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Nelayan Harus Pahami Zona Potensial Penangkapan Ikan

Edupost.ID- Produksi usaha penangkapan ikan di Indonesia sangat tergantung pada ketersediaan informasi daerah penangkapan ikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *