Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Parenting / Lima Cara Agar Anak Cinta Membaca Buku
Anak cinta membaca buku
Anak cinta membaca buku. ilustrasi dok. livingwellmom

Lima Cara Agar Anak Cinta Membaca Buku

Edupost.ID – Buku adalah jendela dunia. Mengajarkan membaca pada anak akan memberikan pengetahuan yang berharga bagi mereka. Kecintaan anak terhadap buku tergantung pada bagaimana orangtua memperkenalkan buku sejak dini kepada anak. Berikut adalah cara agar anak bisa cinta membaca buku seperti yang dilansir dari Reader’s Digest.

  1. Membaca buku-buku yang penuh ilustrasi

Buku yang memiliki banyak ilustrasi membuat anak lebih tertarik untuk membuka. Menurut Michael Morisson, Direktur Program Pelatihan dan Dukungan pada Program Rumah Orangtua dan Anak, buku bergambar akan memicu otak anak dan membuat mereka ingin bertanya. Hal ini penting untuk perkembangan anak.

  1. Ajukan pertanyaan berdasarkan ilustrasi

Anak usia 16-24 bulan akan terus mengumpulka kosakata yang mereka dapat dari orang dewasa dan lingkungan sekitar. Morisson berpendapat, kata-kata pertama yang mudah dicerna adalah “pohon” dan “anjing”. Ketika orangtua memperlihatkan gambar “pohon dan “anjing” kepada balita mereka, maka berilah pertanyaan “Apakah kamu melihat pohon/anjing?” atau “Apa warna pohon/anjing?”.

  1. Memeluk anak ketika sedang mambaca

Memeluk anak ketika sedang membaca akan memberikan rasa nyaman dan aman kepada anak. Hal ini akan membantu anak menjadi lebih percaya diri saat akan bercerita di depan kelas.

  1. Jangan malu untuk mempraktekkan adegan di dalam buku

Mengeluarkan suara lucu atau mempraktekkan gerakan seperti di dalam buku memang akan sedikit membuat orangtua malu. Namun, anak perlu mendengar, melihat dan mengenali suara-suara dan gerakan yang ada di dalam buku. Mengenali dan mendengar berbagaimacam suara membuat anak akan lancar dalam berbicara.

  1. Kaitkan antara alur dengan kehidupan nyata

Sebenarnya tidak penting bagi orangtua menyelesaikan membaca buku untuk anak. Hal yang paling penting adalah percakapan bersama anak saat sedang membaca buku.

Orangtua yang mudah merespon pertanyaan dari anak akan membantu keterampilan anak dalam bidang kognitif dan perkembangan sosial di kehidupan nyata. Ajukan kepada anak pertanyaan berdasarkan ilustrasi dan biarkan percakapan mengalir begitu saja. (Nisa)

Check Also

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

Edupost.id – Pembalut sebagai barang ekonomi merupakan benda yang permintaannya selalu kontinyu dari waktu ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *