Rabu , 24 Mei 2017
Home / Parenting / Lima Cara Ampuh Hindari Anak dari Sifat Kecanduan
balita menggunakan smartphone
Ilustrasi. Balita menggunakan smartphone

Lima Cara Ampuh Hindari Anak dari Sifat Kecanduan

Edupost.id- Sifat anak yang implusif dan mudah dipengaruhi bahkan rawan perilaku adiktif atau kecanduan, dapat mempengaruhi cara berpikir dan bertindak. Jika dibiarkan bisa terbawa hingga dewasa. Karena hal tersebut penting bagi orang tua mencegah perilaku adiktif pada anak, untuk melindungi kebiasaan anak yang bisa terbawa hingga dewasa. Dilansir parenting.com, berikut lima langkah mudah lindungi anak dari sifat kecanduan.

  1. Ajak anak berinteraksi

Di era digital sekarang ini, seseorang tidak mudah berfikir terampil berkomunikasi langsung atau tatap muka. Mengajak anak bermain bersama orang tua ataupun teman sebayanya, dapat membuat anak terhindar dari perilaku adiktif atau kecanduan dengan gadget maupun film.

  1. Batasi waktu dengan gadget

Saat ini anak berusia tiga tahun begitu lihai bermain ponsel atau gadget, anak leih tahu bagaimana menavigasi aplikasi game. Menurut seorang spesialis anak usia prasekolah, Huntington.  Perilaku kecanduan anak terhadap media terjadi akibat kurangnya batas waktu dari orang tua.

  1. Ajari anak bertanggung jawab

Mengajarkan anak disiplin tidak sulit, namun hal yang perlu orang tua ketahui ialah bagaimana dapat membiarkan anak bertanggung jawab terhadap benda di sekitarnya. Berikan anak waktu bermain untuk melepas penat atau rasa bosan anak.

  1. Jangan dibiarkan

Jika orang tua membiarkan anak ketergantungan terhadap gadget, sama halnya orang tua pasrah dengan keadaan anak di masa dewasa. Cobalah untuk memberikan arahan positif dan memberikan berbagai permainan atau hal baru yang dapat membuat minat anak bertambah baik.

  1. Segera alihkan perhatian anak

Menghentikan kebiasaan anak dan mengalihkan perhatian anak dengan seharian tidak memperlihatkan gadged atau tontonan yang dapat menyebabkan kecanduan. Lakukan hal serupa secara bertahap setiap harinya, namun berilah tambahan perhatian pada anak. (Inan)

Check Also

Orang tua Perlu Batasi Anak dari Informasi Hoax

Edupost.id- Hingga saat ini informasi hoax mudah tersebar di berbagai media. Sudah bukan hal yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *