Rabu , 24 Mei 2017
Home / Parenting / Lima Cara Efektif Jauhkan Remaja dari Rokok

Lima Cara Efektif Jauhkan Remaja dari Rokok

Edupost.ID – Seperti kita ketahui bersama, rokok tidak baik untuk kesehatan. Karena itu, anak-anak yang sudah beranjak remaja perlu selalu diingatkan agar menjauhkan diri dari rokok. Ini tugas orang tua menjaga kesehatan anaknya sejak dini. Seperti yang dilansir dari US News, ada lima cara efektif menjauhkan remaja dari rokok :

  1. Diskusikan dengan anak tentang bahaya rokok

Berbicara dengan anak tentang resiko merokok dapat membantu mereka jauh dari rokok dan kemungkinan kecil mereka tidak akan merokok.  Ajaklah mereka bicara di ruang tamu atau di teras saat pagi atau sore hari tentang akibat buruk yang ditimbulkan dari rokok.

  1. Jika anda seorang perokok, berhentilah

Berhenti menjadi seorang pecandu rokok memang sulit. Namun, orangtua harus perhatikan kesehatan anak jika mereka terus menghisap rokok.  Pergilah ke perpustakaan atau ke toko buku bersama anak untuk mencari buku tentang bahaya rokok.

  1. Bergabung dengan klub

Bergabung dengan klub yang mengedepankan gaya hidup sehat dan memiliki program berhenti merokok, merupakan salah satu upaya yang baik. Orangtua bisa mengajak anak mereka untuk ikut bergabung, sehingga mereka bersama mampu merubah pola hidup menjadi lebih sehat jauh dari asap rokok.

  1. Menonton film tentang bahaya rokok

Mengajak anak untuk menonton film tentang tembakau dan bahaya merokok, mampu menanamkan pengetahuan anak sejak dini. Tugas orangtua memang menanamkan bahaya rokok sejak dini kepada anak, agar mereka tidak terjerumus atau menerima tawaran merokok dari orang lain.

  1. Perbanyak referensi

Orangtua tidak akan mampu mengajarkan anak tentang bahya rokok jika mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Berdiskusilah dengan orang banyak seperti keluarga, guru, dokter, teman dan lainnya. Perbanyak referensi dari mereka yang lebih mengerti tentang bahaya merokok agar orangtua bisa mengajarkannya kepada anak. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *