Minggu , 28 Mei 2017
Home / Parenting / Lima Cara Efektif Kembangkan Kreatifitas Anak

Lima Cara Efektif Kembangkan Kreatifitas Anak

Edupost.id – Banyak orang mengira bahwa kreativitas merupakan bakat bawaan dari lahir. Padahal, kreativitas harus diasah sejak dini. Berikut ini lima cara efektif untuk mengembangkan kreativitas anak, seperti dilansir greatergood.

1. Biarkan mereka berekspresi

Yang menjadi kunci disini adalah waktu. Biarkan anak-anak anda mengekspresikan imajinasi mereka, orang tua jangan terlalu mengatur, memerintah dan memaksakan kehendak anak. Biarkan anak-anak merasakan kebebasan untuk mengeksplorasi ide-ide mereka dan melakukan apa yang mereka inginkan.

2. Menyediakan peralatan untuk menuangkan imajinasi mereka

Seperti menyediakan peralatan menggambar, buku, perlengkapan kerajinan, peralatan berkebun, menari, alat musik. Sebagai contoh, mereka dapat membuat teropong dari karton, menara, atau orang. Pujilah anak ketika mendapatkan ide yang mengesankan.

3. Jadikan rumah sebagai dapur kreatifitas

Cobalah untuk berbagi ide kreatif dengan anak anda di rumah. Misalnya, merencanakan beberapa aktifitas kreatif yang bisa dilakukan di akhir pekan.

4. Dorong anak anda untuk membaca dan berlatih

Kurangi menonton TV. Ganti dengan sesuatu yang dapat membuat kreatifitas mereka berkembang seperti membaca buku favorit mereka, menggambar, dan sebagainya.

5. Berikan kesempatan untuk berpendapat

Selain, memberikan ruang bagi mereka mengekspresikan ide-ide mereka. Orang tua juga perlu untuk memberi kesempatan bagi mereka berpendapat. Misalnya ketika mereka berhasil memecahkan sebuah masalah, mintalah mereka untuk memecahkannya lagi tapi dengan cara yang berbeda. (IK/SS)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *