Kamis , 21 September 2017
Home / Parenting / Lima Cara Hadapi Anak Korban Bullying
stop-bullying-kekerasan
Ilustrasi. Stop bullying (kekerasan)

Lima Cara Hadapi Anak Korban Bullying

Edupost.id – Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus bullying yang menimpa anak – anak. Bukanntidak mungkin, anak Anda menjadi korban bullying. Sebagai orang tua, Anda harus tahu cara mengatasi anak Anda yang menjadi korban bullying.

Dilansir dari laman Scholastic, berikut beberapa cara mengatasi anak Anda yang menjadi korban bullying :

1. Bicara dengan guru

Anda harus menceritakan masalah yang dialami oleh anak Anda. Guru mungkin mampu membantunya untuk berbaur dengan teman sebayanya.

2. Minimalkan kebiasaan negatif

Bullying sering kali berawal dari hal – hal negatif yang sepele seperti bau badan. Anda harus memastikan anak Anda meminimalkan hal – hal yang berpotensi menyebabkan bullying, misalnya menjaga kerapian dan kebersihan anak.

3. Ajarkan anak untuk percaya diri

Setiap anak memiliki kelebihan tertentu, gali potensi yang dimiliki oleh anak dan ajarkan untuk membantu teman yang kesulitan belajar. Dengan begitu akan lebih mudah untuk berteman.

4. Ajarkan anak untuk membela diri

Perilaku bullying terjadi saat anak membiarkan orang lain mengejeknya, menertawakannya, dan merendahkannya. Namun, saat dia mampu membela dirinya, perilaku bullying akan diminimalisasi dan dapat dihindari.

5. Agendakan jadwal bermain

Jika anak Anda masih kesulitan untuk diterima oleh teman sebayanya, Anda dapat mengundang teman-teman sekolahnya dan tunjukkan perilaku yang terbuka. Ini bisa menjadi lahan berbaur bagi anak sekaligus kesempatan untuk berdiskusi dengan para orangtua.  (Andi)

Check Also

Cara-Menghafal-Al-Quran-Semudah-Al-Fatihah

Kisah Ibrahim, Keteladanan dalam Bangun Kepribadian Anak

Edupost.id – Keikhlasan Ismail ketika Allah memerintahkan ayahnya, Ibrahim untuk menyembelih dirinya patut dijadikan pelajaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *