Sabtu , 27 Mei 2017
Home / Parenting / Lima Cara Jitu Atasi Anak yang Takut Binatang
Lima Cara Jitu Atasi Anak yang Takut Binatang
Lima Cara Jitu Atasi Anak yang Takut Binatang (foto: earthporm.com)

Lima Cara Jitu Atasi Anak yang Takut Binatang

Edupost.ID- Binatang peliharaan merupakan salah satu teman bermain yang menyenangkan untuk anak, namun akan menjadi kekhawatiran bagi orang tua jika ternyata anak takut binatang. Keadaan anak dalam usia dini, masih belum mengetahui mana yang menyenangkan dan apa yang mengerikan.

Seorang profesor asal Amerika Serikat, Dr. Sears telah menjelaskan bahwa anak memang sangat rentan dengan rasa takut. Dilansir  dari wikihow berikut langkah mudah atasi anak yang takut dengan binatang.

  1. Mengenal gambar binatang dengan buku

Saat membaca buku tambahkan kalimat atau pernyataan nama hewan atau dengan memberikan warna untuk mendukung pengetahuan anak tentang binatang. Hindari bercerita hewan yang menakutkan, seperti “memakannya” atau “menelan daging” karena akan membuat anak menjadi takut dan tidak menyukai binatang atau sampai mimpi buruk mengenai binatang.

  1. Kenalkan melalui mainan

Untuk mengenalkan pada binatang, cobalah ajak anak ke area boneka, biarkan anak memilih mainan binatang kesukaannya. Dengan begitu akan timbul rasa ingin memiliki dari anak, mainan dapat menjadi salah satu media yang dapat menggambarkan bagaimana sifat hewan terhadap anak. Namun jangan pernah memaksa pilihan anak, karena akan cenderung marah.

  1. Ajak anak bermain dengan teman yang punya hewan

Sesekali biarkan anak melihat bagaimana teman-teman seusianya bermain dan bersenang-senang dengan binatang peliharaannya. Dengan memperhatikan hal itu, dapat membantu anak mengatasi rasa takutnya pada hewan yang sebenarnya tidak jahat. Ajak anak untuk mencoba hal yang sama seperti temannya.

  1. Pergi ke toko penjual hewan

Pertama kenalkan dahulu anak dengan jenis binatang yang ada di toko hewan atau pet shop, hal itu akan membantu meningkatkan keberanian anak untuk melihat dan menyentuh hewan tersebut.

  1. Berekreasi ke kebun binatang

Mengajak anak ke kebun binatang pada waktu senggang, dapat mengantarkan anak untuk mengenal lebih dekat dengan jenis hewan apapun. Anak akan mampu membedakan mana binatang yang buas dan penurut, seperti jenis hewan reptil dan hewan peliharaan sehingga tidak akan ada rasa takut namun justru pengetahuan baru. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *