Jumat , 24 Maret 2017
Home / Parenting / Lima Kesulitan Orangtua Tunggal dalam Mendidik Anak

Lima Kesulitan Orangtua Tunggal dalam Mendidik Anak

Edupost.ID – Banyak masalah yang sering muncul dalam mendidik anak pasca perceraian anda. Seperti yang dilansir dari Single Parents, terdapat lima kesulitan dalam mendidik anak yang sering dialami para orangtua tunggal.

  1. Menganggap Anda Gagal Sebagai Orangtua Tunggal

Saat anda beranggapan bahwa anda sudah gagal sebagai orantua tunggal, anda akan terus hidup dengan bayangan masa lalu. Hidup dalam bayangan masa lalu tanpa sadar akan berpengaruh dalam mendidik anak. Gunakan pengalaman masa lalu anda untuk mencari solusi agar anda sukses sebagai orangtua tunggal dalam mendidik anak.

  1. Anak Anda Lebih Menyukai Ayahnya

Jika anak anda lebih menyukai ayahnya, biarkanlah ia bermain dengan ayahnya. Hal ini bisa disebabkan karena anak anda lebih nyaman dengan ayahnya. Sebab lain anak anda lebih menyukai ayahnya yaitu anda pernah memperlihatkan perilaku buruk di depan anak anda. Ajaklah anak anda untuk bermain dengan anda dan ayahnya, karena bermain bersama akan membuat kondisi kejiwaan anak mebaik pasca perceraian orangtuanya.

  1. Menyalahkan Diri Sendiri

Jangan pernah beranggapan bahwa kebiasaan buruk anak dilakukannya untuk menghukum anda sebagai orangtua tunggal. Menyalahkan diri sendiri karena anak memiliki kebiasaan buru tidaka kan merubah apapun. Dalam fase tumbuh kembang anak, orangtua tunggal pasti akan mengalami banyak masalah. Berikan dukungan dan cinta yang lebih banyak mulai sekarang agar kalian bisa berjalan seiringan dan rasa bersalah anda akan hilang.

  1. Sulit Merubah Perilaku Anak

Anak yang sedang mengalami pubertas seringkali tidak bisa mengontrol emosinya. Sebagai orangtua tunggal, anda sebaiknya melakukan pendekatan agar anda tahu apa yang anak anda inginkan. Berdiskusilah dengan anak anda untuk menyatukan keinginan kalian. Jika kalian sudah menyatukan keinginan, maka anda akan dengan mudah merubah perilaku anak anda menjadi lebih baik. (Nisa)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *