Selasa , 25 Juli 2017
Home / Parenting / Lima Kiat Atasi Anak yang Malas Belajar

Lima Kiat Atasi Anak yang Malas Belajar

Edupost.id – Setiap orang tua pastilah berharap, sang buah hati akan menjadi anak yang rajin belajar hingga mencapai hasil belajar yang mengagumkan. Namun, tidak semua anak memiliki semangat tinggi dalam belajar. Mengatasi anak yang malas belajar menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Dalam bukunya yang berjudul “Tips Membuat Anak Suka Belajar dan Berprestasi”, Dra.Sari Yuanita memberikan lima kiat mengatasi anak yang malas belajar.

  1. Memberi sentuhan pada titik peka anak
    Menyentuh titik peka anak dengan memberi perhatian khusus pada hal-hal yang menarik perhatian anak serta  membuatnya semakin terbuka menerima pendapat dengan perasaan senang dan gembira. Pada akhirnya anak akan paham tentang pentingnya belajar untuk mencapai tujuan.
  2. Membangkitkan nilai plus anak
    Agar anak dapat terpacu belajarnya atas inisiatif sendiri, orang tua perlu menyentuh alam bawah sadar anak agar melakukan sesuatu yang positif. Dengan mengambil contoh dari tokoh heroik atau tokoh dunia yang sukses, anda dapat mengungkapkan bahwa untuk sukses harus belajar dengan perencanaan yang baik, tahu apa yang harus dipelajari, sehingga tidak asal belajar.
  3. Mengembangkan cita-cita anak
    Dengan terpatrinya cita-cita hidup dalam hati anak, akan menumbuhkan motivasi pada diri anak untuk lebih giat belajar dan lebih terbuka untuk merencanakan belajar.
  4. Menentukan waktu belajar yang baik
    Hal-hal yang harus diperhatikan orang tua dalam menentukan waktu belajar anak adalah:
  • sesuai dengan keinginan anak;
  • jangan berbenturan dengan waktu keinginan – keinginan lain seperti nonton film favorit   anak, dan sebagainya;
  • kondisi fisik maupun psikis anak dalam keadaan fresh;
  • mengembangkan tujuan belajar.
    Dengan tujuan yang jelas, anak akan mengetahui apa yang hendak dipelajari dan apa yang ingin dikuasai. Anak pun akan mudah memusatkan perhatian pada pelajaran. (Andi)

 

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *