Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Parenting / Mendidik Anak dengan Kasar Menumbuhkan Rasa Takut
Sepuluh Kiat Mudah Orangtua Mengenal Anak Hiperaktif
Sepuluh Kiat Mudah Orangtua Mengenal Anak Hiperaktif (foto: bp.blogspot.com)

Mendidik Anak dengan Kasar Menumbuhkan Rasa Takut

Edupost.ID- Mendidik anak dengan cara kasar, menyebabkan timbulnya rasa canggung dan cenderung penakut.  Membiasakan anak tertib memang cukup baik, namun jangan sampai berlebihan dan kasar.

Pemerhati pendidikan sekaligus psikologis anak, Dr. Yudi Suharsono mengatakan, “Selama ini kerap kali muncul sifat anak yang tidak menurut, dan akan membuat para orang tua mengancam dengan tidak mengajak liburan anak atau menakuti-nakutinya,” kata Yudi kepada Edupost.ID.

Anak akan merasakan dua hal saat sedang diperlakukan kasar atau di sentak, pertama anak akan merasa terjaga atau malah merasa takut dan tidak akan pernah berani melakukan suatu hal yang dilarang. “Orang tua hendaknya terus berusaha mencari cara kreatif dalam mengiringi pertumbuhan anak. Bukannya mengandalkan pengetahuan sebelumnya yang mengandung mitos pada anak,” ujar Yudi.

Anak kemudian akan berpikiran pragmatis atau tidak menganalisis dan bertanggungjawab terhadap tindakannya. Kelemahan lain, menurut Yudi, saat anak berusia lima tahun, ia mungkin akan takut terhadap suatu hal seperti hewan atau hantu karena terancam dengan apa yang dikatakan orang tuanya.

Namun setelah usianya yang bertambah, anak akan merasa hal yang di takuti atau yang dihindari bukanlah kehendaknya sendiri. Sehingga tidak akan menimbulkan trauma atau ketakutan lainnya. (Inan)

Check Also

Media Sosial Facebook dan Twitter Dapat Merusak Karir

Lima Manfaat Positif Berikan Ponsel pada Anak Remaja

Edupost.id- Ketakutan orang tua terhadap kebiasaan anak memiliki ponsel yakni, takut anak melihat konen porno, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *