Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Parenting / Orang Tua Perlu Ajarkan 7 Kebiasaan Ini kepada Anak

Orang Tua Perlu Ajarkan 7 Kebiasaan Ini kepada Anak

Edupost.id – Hal yang membuat orang tua bahagia adalah saat anak dapat tumbuh berkembang dengan baik. Tentu saja ini tak lepas dari peran orang tua. Berikut ini 7 kebiasaan baik yang perlu orang tua ajarkan kepada anak, seperti dilansir Parenting.

  1. Menangis

Anak-anak berpikir bahwa yang menangis adalah bayi, jadi mereka mencoba untuk menghilangkan perasaan itu. Dengan kita menunjukkan perasaan ini kepada mereka, mereka akan mengerti bahwa menangis adalah hal yang manusiawi bagi manusia.

  1. Perjuangan

Anak-anak perlu melihat bahwa orang tua mereka telah berjuang dan itu adalah bagian dari kehidupan. Biarkan anak-anak anda melihat anda berjuang dan bagaimana cara anda menanganinya, bagaimana anda melaluinya, bagaimana anda beristirahat, atau bagaimana anda meminta bantuan.

  1. Berolahraga

Ini akan menunjukkan pada anak anda bahwa anda tidak hanya mengurus hal-hal apa yang ada di pikiran saja tetapi juga merawat tubuh anda,  setidaknya hal ini akan mendorong anak anda untuk memiliki kebiasaan ini seumur hidup mereka.

  1. Merencanakan anggaran

Anda bisa menunjukkan pada anak anda tentang bagaimana anda mengatur keuangan anda. Misalnya berapa jumlah uang yang bisa anda pakai. Anak-anak bisa belajar dari hal itu. Sehingga ketika mereka telah beranjak dewasa mereka tidak jatuh dalam ketidak siapan.

  1. Religius

Ini sangat penting bagi anak-anak untuk melihat bahwa hidup tidak selalu tentang prestasi dunia. Tapi terkait dengan ketenangan jiwa, ia akan menganggap itu sebagai bagian dari menjadi manusia.

  1. Belajar

Belajar adalah pekerjaan seumur hidup dan sesuatu yang penting. Ketika anak-anak anda mungkin akan mengganti pekerjaan mereka berkali-kali, sehingga mereka perlu memiliki keterampilan untuk belajar hal-hal baru. Cara terbaik untuk mereka mendapatkan hal itu adalah dengan melihat kita melakukannya. Cara sederhana misalnya hanya dengan membaca. Anak-anak yang melihat orang tua mereka membaca akan cenderung banyak membaca juga.

  1. Jadilah baik kepada diri sendiri

Anak-anak akan melihat orang tua mereka bersikap baik terhadap diri mereka sendiri. Mereka harus melihat orang tua mereka mensyukuri hal yang ada pada dirinya. Karena orang tua adalah contoh bagi anak, bisa saja mereka meniru perilaku anda yang sering menjelekkan diri sendiri. (Iyes)

 

Check Also

Cara Mengajarkan Anak Membaca Jam

Cara Mengajarkan Anak Membaca Jam

Edupost.id – Kemampuan membaca jam atau mengerti tentang konsep waktu merupakan salah satu hal penting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *