Senin , 21 Agustus 2017
Home / Parenting / Orang Tua Tidak Boleh Sembarang Menghukum Anak
Cara Tepat Beri Hukuman kepada Anak
Ilustrasi. Orangtua dan anak (foto: eyeonpsych)

Orang Tua Tidak Boleh Sembarang Menghukum Anak

Edupost.id – Hukuman dan penghargaan seharusnya memang orang tua berikan kepada anaknya dengan porsi yang seimbang. Mengenai hukuman, ada yang disebut hukuman logis dan ada hukuman tidak logis.

Ini panduan bagi orang tua dalam memberi hukuman kepada anak, disarikan dari Ensiklopedi Pendidikan Anak:

1. Berilah hukuman logis kepada anak atas kesalahan yang dibuatnya. Misalnya, orang tua tidak mungkin membiarkan anak mengendarai sepedanya di jalan raya karena sangat berbahaya baginya. Dengan demikian, orang tua bisa menahan sepedanya sebagai hukuman bagi anak karena menyalahi peraturan orang tuanya.

2. Boleh memberi hukuman tidak logis bila itu mampu mengubah perilakunya. Misalnya, orang tua melarang anak untuk melakukan hobinya karena kebohongan yang dilakukannya ataupun larangan bagi anak untuk bermain dalam beberapa waktu karena ia berlaku buruk pada binatang. Hukuman tersebut tidak berkaitan, namun hukuman tersebut mampu mengubah perilaku anak menjadi lebih baik.

3. Hendaknya orang tua mengucapkan hukuman yang dimaksud secara berulang dan dengan suara yang tegas diiringi dengan paparan akan bentuk kesalahan yang telah dilakukan anak, juga hukuman lain yang akan dijatuhkan bila anak melakukan kesalahan serupa di waktu lain. Pengulangan dan ketegasan suara ini akan membuat anak ingat akan kelakuan buruknya dan membuatnya bertekad untuk mengubahnya.  (Nurfi)

Check Also

Telur itik kaya Antioksidan dan Omega 3

Telur Itik Inovasi IPB Ini Kaya Antioksidan dan Omega 3

Edupost.id – Tiga peneliti Institut Pertanian Bogor (Fapet IPB), Sumiati, Widya Hermana dan Arif Darmawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *