Kamis , 23 Maret 2017
Home / Parenting / Panduan bagi Orang Tua Belajar Bersama Anak di Rumah

Panduan bagi Orang Tua Belajar Bersama Anak di Rumah

Edupost.id – Belajar tidak terbatas hanya di sekolah tapi bisa juga di rumah. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan di rumah untuk membantu anak anda belajar melalui pengalaman sehari-hari. Karena anda adalah guru yang paling penting untuk anak anda. Berikut ini beberapa panduan tentang hal-hal yang dapat anda lakukan saat belajar bersama anak di rumah, seperti dilansir Education.

  1. Belajar memecahkan masalah

Permainan puzzle dapat membantu mereka memecahkan permasalahan. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan alami mereka dalam memecahkan masalah. Anda juga bisa membantu mereka menemukan jawaban atau solusi untuk masalah mereka sendiri.

  1. Melakukan hal-hal yang menarik perhatian mereka

Seperti melakukan hobi atau kegiatan yang mereka sukai. Sebagai contoh, jika anak anda suka membantu anda memasak, anda bisa memperkenalkan matematika dengan mengajak mereka untuk mengukur bahan-bahan atau menghitungnya, mengamati dan membahas bagaimana bahan-bahan yang berbeda dapat bercampur, belajar bahasa Inggris dapat dilakukan melalui membaca langkah-langkah yang ada di dalam resep masakan, dan belajar tentang kesehatan dengan membahas jenis makanan tertentu yang dapat membuat badan sehat.

  1. Ajukan pertanyaan

Anak-anak perlu belajar aktif. Pembelajaran aktif melibatkan kegiatan seperti bertanya dan menjawab pertanyaan, memecahkan masalah dan mengeksplorasi. Ketika berbicara dengan anak anda, ajukanlah pertanyaan reflektif seperti ‘bagaimana’ ‘mengapa’ atau ‘bagaimana jika’ karena hal ini dapat membantu mereka untuk berpikir secara mendalam.

  1. Mengulang

Sebagian besar dari kita tidak bisa melakukan sesuatu dengan sempurna pada saat pertama kali. Cobalah untuk melakukan lebih baik dan lebih sering dengan praktek langsung. Misalnya anda bisa mendukung kebiasaan belajar anak anda setiap hari yang akan membantunya lebih siap ketika ujian nanti.

  1. Menumbuhkan sikap positif tentang pendidikan

Apa yang kita katakan dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu mereka untuk mengembangkan sikap positif terhadap sekolah dan belajar serta membangun kepercayaan diri mereka sebagai pelajar. Dengan menunjukkan minat dalam pendidikan, orang tua dan keluarga dapat memicu antusiasme mereka dan memberikan pemahaman bahwa belajar itu bisa menyenangkan serta bermanfaat. Ketika kita sering menunjukkannya, anak-anak pasti akan mengikuti apa yang kita lakukan. (Iyes)

Check Also

Sepuluh Kiat Mudah Orangtua Mengenal Anak Hiperaktif

Mendidik Anak dengan Kasar Menumbuhkan Rasa Takut

Edupost.ID- Mendidik anak dengan cara kasar, menyebabkan timbulnya rasa canggung dan cenderung penakut.  Membiasakan anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *