Selasa , 25 Juli 2017
Home / Parenting / Sepuluh Tips Agar Anak Berprestasi

Sepuluh Tips Agar Anak Berprestasi

Edupost.ID – Anak berprestasi adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak sedikit orang tua yang merasa bahwa anaknya tidak berprestasi. Namun, para orang tua yang merasa anaknya tidak berprestasi tidak perlu khawatir, karena selalu ada jalan untuk melejitkan prestasi anak. Dra. Sari Yuanita dalam bukunya yang berjudul “Tips Membuat Anak Suka Belajar dan Berprestasi” mencoba berbagi 10 tips agar anak anda berprestasi. Berikut adalah tipsnya,

  1. Ciptakan lingkungan yang mendorong semangat belajar. Orang tua harus menyediakan berbagai kesempatan agar membuat anak senang belajar, misalnya menyediakan puzzle atau melukis di komputer. Ini penting untuk merangsang keingintahuan mereka.
  2. Menyediakan kehidupan seimbang. Rumah stabil, lingkungan kondusif dan penuh cinta merupakan dasar yang kuat membantu anak meraih nilai baik di sekolah. Selain itu, tidur anak yang cukup, dan asupan gizi juga harus dipastikan.
  3. Membaca setiap hari untuk anak. Secara tidak langsung, dengan membacakan cerita kepada anak juga turut mengajar mereka membaca . Bacakan cerita dengan suara keras agar memperkaya kosa kata dan pengetahuan anak.
  4. Dorong anak untuk membaca lebih dalam. Semakin banyak anak membaca, kemampuan membacanya semakin baik.
  5. Tunjukkan bagaimana mengorganisir sesuatu. Anak-anak yang terbiasa teratur lebih mudah sukses di sekolah. Tunjukkan kepada anak bagaimana menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan pengorganisasian, seperti kalender, tabel tugas, dan buku catatan.
  6. Ajari anak kemampuan belajar efektif. Dorong anak agar memiliki waktu rutin untuk belajar efektif dengan menyediakan tempat belajar yang nyaman.
  7. Dorong anak untuk berpartisipasi di kelas. Ini akan meningkatkan keinginan mereka dalam belajar.
  8. Bantu anak mempelajari bagaimana menyelesaikan pekerjaan rumah. Bantu mereka mempelajari tugas apa yang harus didahulukan. Beri penekanan bahwa tugas adalah pengalaman belajar.
  9. Bicarakan mengenai sekolah kepada anak anda. Tunjukkan bahwa anda tertarik mendengar cerita mereka di sekolah. Bantu mereka untuk menyelesaikan permasalahan mereka jika mereka menceritakan tentang masalahnya.
  10. Bangun hubungan yang baik dengan guru anak anda. Komunikasi yang baik dengan guru sekolah akan membantu anak berkelakuan baik di sekolah.

(Andi)

 

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *