Kamis , 25 Mei 2017
Home / Parenting / Tips Agar Anak Mau Belajar, Psikolog: Carilah Saat Mood anak

Tips Agar Anak Mau Belajar, Psikolog: Carilah Saat Mood anak

Edupost.id – Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Karena itu, diperlukan strategi dan teknik tertentu untuk membuat anak mau belajar. Diantaranya mengajak anak belajar di saat yang tepat. “Carilah saat mood anak. Kalau anak sedang tidak mood, ciptakanlah suasana menyenangkan untuk membuat mood anak muncul,” ungkap Psikolog dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Siti Urbayatun, memberikan beberapa tips agar anak mau belajar.

“Pengertian belajar di antaranya adalah to observe atau melihat dan to imitatae atau meniru,” ujar Urba, sapaan akrab Siti Urbayatun ketika menjadi pembicara Talkshow Parenting: Menjadi Hafidz dalam Asuhan Ayah Bunda pada acara Jogja Islamic Book Fair 2015 di GOR UNY.

Tips lainnya Urba yang juga Ketua Dewan Penasihat Rumah Tahfidz Utsmani Yogyakarta itu ialah menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak. Karena usia anak-anak adalah masa  bermain yang menyukai kegembiraan. Oleh karenanya, belajar juga harus seperti bermain. Lingkungan belajar ini juga berfungsi sebagai wahana observe anak.

Urba mencontohkan, untuk mengajarkan anak menghafal Al Quran sangat baik jika lingkungannya mendukung, misalnya orang tua yang selalu mengajak anak rutin menghafal.

Tips selanjutnya, pendidik atau orang tua harus mengajarkan anak secara bertahap. Urba mengingatkan, para pendidik atau orang tua tidak boleh memaksakan anak didiknya untuk cepat mempelajari materi dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat. Hal ini akan membuat anak cepat jenuh dalam belajar. Ketika anak mulai jenuh, jangan paksakan anak untuk melanjutkan belajarnya.

Urba menambahkan tips lainnya, pendidik atau orang tua tidak boleh membandingkan seorang anak dengan anak lainnya dalam kemampuan belajarnya. Karena setiap anak memiliki potensi yang berbeda. Selain itu, dengan membandingkan satu anak dengan anak yang lain justru akan mematikan semangat belajar anak. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *