Kamis , 25 Mei 2017
Home / Parenting / Tips agar Anak Semangat Belajar saat di Rumah
Tips-agar-Anak-Semangat-saat-Belajar-di-Rumah
Ilustrasi: Anak Belajar di Rumah. (Foto: famreading)

Tips agar Anak Semangat Belajar saat di Rumah

Edupost.id – Ada kalanya anak merasa malas belajar di rumah karena ingin menggunakan waktu yang ada untuk bersantai. Berikut ini tips bagi orangtua untuk memotivasi anak agar semangat belajar di rumah, dilansir dari Parenting Indonesia.

1. Ciptakan mood untuk belajar

Rumah perlu menyediakan space untuk belajar. Sediakan rak-rak rendah berisi buku-buku bacaan, kamus bergambar,ensiklopedi ana yang bisa diambil dan dikembalikan dengan mudah. Selain itu, laci-laci yang mudah dibuka tutup untuk menyimpan alat tulis atau peralatan gambar. Kemudian, bahan-bahan untuk berkreasi seperti karton dan kertas berwarna, gunting kertas,lem dan sebagainya. Semua itu akan membuat anak lebih termotivasi untuk berkarya.

2. Asah kreativitas

Kadangkala anak bosan dengan bahan-bahan yang itu saja. Jadi, biarkan ia mengasah rasa percaya dirinya dengan memilih sendiri bahan-bahan yang menarik untuk dieksplorasi. Biarkan saja ia tiba-tiba pulang membawa pulang daun-daun kering atau biji-bijian yang ia temukan di jalan untuk menciptakan kreasi seni yang artistik.

3. Bangun rutinitas

Orangtua bisa mengajak anak membantu memasak di dapur pada akhir pekan atau membaca buku bersama di sore hari. Kegiatan yang pasti akan membuatnya merasa nyaman dan mau belajar menggunakan waktu secara bijaksana.

4. Selingan itu perlu

Meski tiap malam membaca bersama orangtua terasa seru baginya. Namun orangtua tetap perlu menyelipkan acara yang berbeda sebagai intermezzo. Misalnya ajak sesekali anak keluar rumah untuk melihat bintang di langit dengan mata telanjang atau dengan teropong bintang ketika cuaca cerah. Hal ini dapat menjadi pengalaman tak terlupakan baginya.

5. Kaitkan dengan kegiatan di sekolah

Bagi anak, menemukan adanya keterkaitan antara apa yang ia peroleh di sekolah dengan di rumah. Hal itu mendorongnya untuk menjadi lebih antusias belajar.

Check Also

Permainan Cerdas Cermat Aik dan Menantang

Permainan Cerdas Cermat Asyik dan Menantang

Edupost.id- Cerdas cermat merupakan salah satu permainan yang mengutamakan kecepatan dan ketetapan. Permainan ini menjadikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *