Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Parenting / Tips bagi Orangtua dalam Menjaga Anak dari Narkoba
stop narkoba
Stop narkoba

Tips bagi Orangtua dalam Menjaga Anak dari Narkoba

Edupost.id – Peredaran narkoba saat ini kian mengkhawatirkan karena sudah menjamah hingga ke kalangan anak usia sekolah dasar bahkan kanak-kanak. Terlebih bagi orangtua yang memiliki anak usia remaja, tentu harus lebih memperhatikan pergaulan mereka agar tidak terjerumus sebagai pengguna. Berikut ini tips yang bisa orangtua lakukan untuk menjaga mereka dari narkoba seperti dilansir Parenting.

  1. Bangun komunikasi yang baik

Orangtua perlu menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Luangkan waktu bersama anak Anda saat liburan akhir pekan, ajak ngobrol dari hati ke hati. Biarkan anak Anda tetap merasa dekat dengan orangtuanya meskipun saling memiliki kesibukan. Buat anak Anda mau terbuka dan menceritakan segala masalahnya ataupun aktivitasnya. Dengan demikian, anak tetap merasakan perhatian dari orangtuanya dan tidak akan mencari tempat pelarian yang tidak baik.

  1. Jadilah orangtua yang suportif

Dukung setiap aktivitas positif yang dilakukan anak Anda di sekolah atau sekitar rumah. Ikut terlibat di acara yang menampilkan bakatnya dan beri dukungan serta perhatian yang cukup agar dia tetap bersemangat dengan kegiatan positifnya.

  1. Jelaskan tentang konsekuensi dari perbuatan negatif

Anak perlu dipahamkan konsekuensi melakukan perbuatan yang tidak baik, termasuk bahaya menggunakan narkoba. Walaupun anak mungkin sudah pernah diberi penjelasan tentang bahaya narkoba di sekolah atau tempat lain, namun penjelasan secara langsung dari orangtua bisa jadi lebih mengena.

  1. Bangun kepercayaan diri anak

Orangtua perlu membangun kepercayaan diri anak agar Tetap menghargai kelebihan maupun kekuranagn yang dimiliki. Anak yang minder akan mudah ikut-ikutan dengan hal dis ekitarnay akibatnya anak akan mudah terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak baik. Karena itu, bantu anak menemukan potensi yang dimilikinya dan tidak mempermasalahkan kekuranagn yang dimiliki sehingga anak tumbuh sebagai pribadi yang penuh percaya diri.

  1. Pelajari tentang narkoba dan ciri penggunanya

Pastikan Anda sebagai orangtua paham seluk beluk tentang bahaya narkoba termasuk ciri-ciri pengguna narkoba. Denagn demikian Anda bisa mendeteksi bila anak Anda sampai terjerumus menjadi pengguna narkoba.

  1. Jangan terlalu lepas kontrol

Memberi kepercayaan kepada anak adalah hal baik agar anak anda tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan pemberani. Namun, terlalu lepas kontrol  juga beresiko, karena anak tetap masih dalam pengawasan orangtuanya kecuali mereka sudah berkeluarga. Orangtua tetap perlu mengantar sesekali ke tempat anak beraktivitas atau ke lokasi acara yang baru. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *