Jumat , 22 September 2017
Home / Parenting / Tips Mengajarkan Membaca Pada Anak-anak Anda

Tips Mengajarkan Membaca Pada Anak-anak Anda

Edupost.ID –  Mengajari anak membaca memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus. Pengetahuan ini sangat diperlukan oleh orang tua yang ingin memiliki anak pandai membaca. Dalam hal ini, seperti dikutip oleh Agus Hariyanto dalam bukunya Membuat Anak Cepat pintar Membaca, Tony Buzan, seorang psikolog Inggris memberikan dua tips utama untuk mengajarkan membaca kepada anak-anak.

Tips pertama, menurut Tony adalah memperlakukan anak dengan penuh kasih saying. Orang tua juga dituntut bersikap santun dalam mengajarkan sesuatu kepada anaknya. Seorang anak pantang dipaksa untuk mempelajari sesuatu.

Tips Kedua, ciptakan kesan bahwa orang tua juga suka membaca. Seorang anak akan cenderung meniru perilaku orang terdekatnya, termasuk orang tua. Jika orang tua suka memperlihatkan prakltek membaca di depan anaknya, maka sang anak akan meniru perilaku membaca itu. Hal ini akan memancing keinginan anak dalam membaca.

Selain itu, Glenn Doman  memberikan prinsip, teknik, dan teori mengajar membaca.

Pertama, belajar membaca tidak dengan mengeja, tetapi langsung membaca. Anak diajarkan membaca satu kata yang bermakna yang sudah akrab  pada pikiran anak.

Kedua, mengajar membaca dengan alat peraga. Alat ini dapat dibuat sendiri oleh orang tua, seperti dengan kartu baca. Kartu ini berisi gambar dan kata yang sudah akrab di pikikran anak. (Andi)

Check Also

kekerasan-seksual-anak

KPAI : Waspada! Kejahatan Seksual Makin Marak di Medsos

Edupost.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *